Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 4 November 2017 | 06:09 WIB
  • Agenda Politik AHY, Dua Tahun Jelang Pilpres

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Yandi Deslatama (Serang)
Agenda Politik AHY, Dua Tahun Jelang Pilpres
Photo :
  • VIVA.co.id / Agus Rahmat
Agus Harimurti Yudhoyono.

VIVA – Dua tahun jelang pemilihan presiden, atau Pilpres 2019, agenda politik setiap partai akan meningkat. Salah satunya Partai Demokrat, yang akan melantik pengurus barunya di Riau pada hari ini, Sabtu 4 November 2017.

Pelantikan akan langsung dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), putra sulung dari Presiden RI periode 2004-2014, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Selain itu, mantan anggota TNI itu pun akan lari bersama 150 ribu kader dan simpatisan partai berlambang Mercy tersebut.

"AHY, kita akan melantik Ketua DPD Demokrat Riau. AHY akan datang ke perguruan tinggi di sana, untuk memberikan pencerahan nasional," kata Haris Widjaya, koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) DPP Demokrat, saat ditemui di kantor DPD Demokrat Banten, Jumat malam, 3 November 2017.

Meski begitu, pria berbadan tambun ini menampik kalau lari bersama 150 ribu kader dan simpatisan partai besutan SBY itu sebagai salah satu suksesi AHY dalam Pilpres 2019. "(Pilpres 2019) itu masih jauh lah. Kita masih gerakkan mesin partai," terangnya.

Haris hanya menjelaskan, kalau agenda tersebut merupakan konsolidasi partai, sekaligus mendeklarasikan diri menolak pembekuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Partai Demokrat menolak pembekuan KPK bersama 150 ribu orang dan itu akan memecahkan rekor Muri," jelasnya.

Perlu diketahui bahwa santer belakangan kalau mantan anggota TNI yang juga anak dari mantan Presiden RI, SBY itu digadang-gadang akan maju dalam Pilpres 2019 mendatang. Bahkan, beredar kabar kalau AHY akan bertemu dengan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan, sekaligus mantan Presiden RI ke V.