Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 4 November 2017 | 12:07 WIB
  • 8 Kereta Kuda untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby, Semua Gratis

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Fajar Sodiq (Solo)
8 Kereta Kuda untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby, Semua Gratis
Photo :
  • Fajar Sodiq (Solo)
Kereta kuda yang akan digunakan saat pernikahan Kahiyang-Bobby.

VIVA – Delapan kereta kuda disiapkan untuk kirab pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. Kahiyang bakal diantar ke pelaminan menggunakan kereta kencana. Sementara itu, Bobby bakal menuju lokasi pernikahan menggunakan kereta kuda milik Presiden Joko Widodo.

Segala persiapan kereta dan kuda dilakukan oleh Anwar Muhtadi. Ia bukan sosok baru untuk urusan menyiapkan kereta kuda. Dia sudah lama dipercaya Jokowi mengurus kereta kuda, jika mantan Gubernur DKI Jakarta itu membutuhkannya. Bahkan, Anwar sudah dipercaya sejak Jokowi menjabat Wali Kota Solo pada 2005.

"Jadi, nanti ada delapan kereta kuda, salah satunya kereta kencana. Delapan kereta kuda dibagi dua, empat untuk keluarga Mas Bobby, empat untuk keluarga Mbak Ayang (Kahiyang)," jelas Anwar di Solo, Sabtu 4 November 2017.

Delapan kereta kuda itu terdiri dari dua kereta miliknya, dua kereta milik Jokowi dan empat kereta milik Pemkot Solo. "Jadi, yang Mas Bobby nanti naik punya Pak Jokowi. Kalau Mbak Ayang, pakai kereta kencana milik Pemkot Solo," jelas dia.

Masing-masing kereta itu ditarik dua kuda. Jumlah seluruh kru penariknya ada 20. Dijelaskannya, kereta kuda yang akan mengarak Bobby dan keluarga bakal berangkat dari Hotel Alila.

"Kalau yang Mbak Ayang, nanti di rumahnya. Kami berangkatnya, menunggu kontak dari Mas Gibran," ujarnya.

Dikatakannya, 16 ekor kuda penarik didapatkan dari pinjaman saudara dan kerabatnya. Semua kudanya betina. Sedangkan jenisnya kuda poni. "Enggak jadi kuda putih, karena keluarga Pak Jokowi ingin yang sederhana saja," kata dia.

Saat ini, kuda dan kereta semuanya sudah siap. Sehari menjelang akad nikah, ia bakal menghias delapan kereta kuda menggunakan bunga segar. Mengenai nilai nominal sewa kereta kuda miliknya, Anwar menyebutkan semuanya gratis. Alasannya, ia ingin berpartisipasi dalam hajat Jokowi mantu.

"Enggak usah bayar untuk Pak Presiden. Untuk keretanya juga begitu. Pokoknya, semua berpartisipasi, " ujar dia.