Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 4 November 2017 | 15:55 WIB
  • Kahiyang Akan Menikah di Solo, Hotel di Yogya Ikut Panen

  • Oleh
    • Endah Lismartini,
    • Daru Waskita (Yogyakarta)
Kahiyang Akan Menikah di Solo, Hotel di Yogya Ikut Panen
Photo :
Malioboro, Yogyakarta

VIVA – Pernikahan Kahiyang Ayu, putri Presiden RI Joko Widodo menjadi berkah tersendiri bagi pengelola hotel berbintang di Yogyakarta. Tamu pernikahan Kahiyang yang tak mendapatkan hotel di Solo menginap di Yogyakarta.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istijab Danunagoro, mengatakan, pesanan hotel di Yogyakarta dari tamu pernikahan putri Jokowi terus mengalir khusus hotel bintang tiga ke atas.

"Bookingan hotel dari tamu pernikahan putri Jokowi sudah mulai masuk di hotel bintang," ucapnya, Sabtu 4 November 2017.

Tamu yang menginap terdiri atas tiga kategori, yaitu tamu yang khusus menghadiri pernikahan dan tidak mendapatkan hotel di Solo. Kedua, adalah tamu pernikahan, namun punya saudara atau anak yang kuliah di Yogyakarta dan yang ketiga adalah tamu penggembira pernikahan putri Jokowi.

"Tapi tetap saja tamu-tamu tersebut menginap minimal di hotel bintang tiga ke atas dan tujuan utamanya adalah hotel di kawasan Malioboro," ujarnya.

Istijab memperkirakan tamu pernikahan putri Jokowi yang booking hotel berbintang sekitar 500 orang atau 20 persen dari kamar hotel bintang yang ada. "Jadi ada peningkatan 20 persen tingkat hunian hotel dibandingkan hari biasanya," ucapnya.

Istijab juga menjelaskan, pada November, hotel mulai memasuki peak season dengan tingkat hunian hotel mencapai 70 persen dan puncaknya pada akhir Desember 2017.

"Rata-rata tingkat hunian hotel bintang mencapai 70 persen. Namun, hotel di kawasan Malioboro sudah mencapai 90 persen," katanya. (art)