Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 5 November 2017 | 08:59 WIB
  • 6 Ribu Relawan Bakal Kondangan ke Pernikahan Kahiyang Ayu

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Agus Rahmat
6 Ribu Relawan Bakal Kondangan ke Pernikahan Kahiyang Ayu
Photo :
  • Instragram @ayanggkahiyang
Foto Prewedding Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution

VIVA – Pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution pada 8 November 2017, bakal dihadiri para relawan. Menurut perwakilan tim relawan, 6.000 relawan Jokowi akan memenuhi Solo, lokasi pernikahan pasangan tersebut.

Penanggung jawab relawan, Eko Sulistyo, mengatakan, memang sangat banyak relawan yang ingin turut hadir dalam pernikahan Kahiyang ini. Maka, timnya menyiapkan asrama haji untuk penginapan para relawan.

"Yang full di Wisma Asrama Haji itu ada 4 ribu. Meskipun kapasitasnya 3 ribu," ujar Eko, ditemui di Solo, Jawa Tengah, Minggu 5 November 2017.

Sementara sekitar 1.000 lebih relawan lainnya, tetap di asrama haji, namun timnya menyediakan kasur ekstra. Dengan begitu, 4.000 relawan bisa tertampung di lokasi tersebut.

"Nah, ini belum yang mereka datang kemudian penginapannya, mereka mencari sendiri seperti di saudaranya, kemudian di hotel. Itu kira-kira bisa sampai 2 ribuan," jelas Eko, yang menjabat Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP).

Eko memperkirakan, para relawan ini mulai datang ke Solo pada Senin 6 November 2017. Mereka rata-rata menggunakan jalur kereta. Walau juga ada yang menggunakan bus hingga pesawat terbang.

"Teknisnya dari stasiun kita angkut dengan bus ke asrama haji," kata Eko.

Dia mengatakan, di Jakarta ada 1.200 relawan yang menggunakan jalur kereta. Semua akomodasi, kata Eko, dari para relawan. Sementara dari timnya hanya mengusahakan agar kereta ditambah gerbongnya sehingga bisa menampung semua relawan tersebut.

Soal teknis acara, jelas Eko, ribuan relawan ini hanya fokus pada acara Selasa 7 November dan Rabu pagi 8 November 2017. 

Pada 7 November, acara pernikahan putri Jokowi adalah midodareni. Sementara pada 8 November, ribuan relawan ini akan mengawal tiga kereta kencana dari keluarga Presiden Jokowi dalam melakukan ijab kabul.

"Ini semua adalah dalam rangka dari pihak relawan sendiri ingin mendoakan kemudian ingin menghadiri secara langsung prosesi perkawinan ini agar sukses dari kedua mempelai, yang salah satunya putri Presiden," jelas Eko.

Sementara saat resepsi, tidak semua relawan bisa masuk. Hanya ada di antara relawan yang mendapatkan undangan, mengingat keterbatasan tempat dan undangan. (one)