Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 11:23 WIB
  • Terharunya Jokowi Saat Prosesi Sungkeman Kahiyang Ayu

  • Oleh
    • Dedy Priatmojo,
    • Agus Rahmat,
    • Fajar Sodiq (Solo)
Terharunya Jokowi Saat Prosesi Sungkeman Kahiyang Ayu
Photo :
  • VIVA/Agus Rahmat
Presiden Joko Widodo bersama istri Iriana Jokowi usai siraman Kahiyang Ayu

VIVA – Prosesi siraman putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu digelar Selasa pagi ini, 7 November 2017. Sejumlah kerabat dan tamu undangan hadir di kediaman pribadi Jokowi  di Jalan Kutai Utara, untuk mengikuti acara siraman.

Usai prosesi pengajian, siraman hingga sungkeman putri semata wayang Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, di kediaman Desa Sumber, Banjarsari Solo, terlihat suasana haru.

Setidaknya itu tergambar saat Presiden Jokowi dan keluarga, memberikan pernyataan pers di halaman depan rumahnya, Selasa 7 November 2017.

Sungkeman dilakukan oleh Kahiyang kepada kedua orangtuanya, Jokowi dan Iriana. Disinggung itu, mantan Wali Kota Solo itu terharu.

"Karena apapun, Kahiyang ini sudah dari kecil sampai besar setiap hari bersama, di rumah dan besok Insya Allah setelah ijab kabul sudah mandiri membangun keluarga sendiri," kata Jokowi.

Sementara Ibu Negara, Iriana, yang ada di sebelah Jokowi terlihat tidak kuasa menahan haru karena besok sudah harus melepas putri kesayangannya itu.

"Dan kita berdoa dan mohon doa restunya agar Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution bisa membangun keluarga yang sakinah mawadah warohmah," lanjut Jokowi.

Tak lupa, saat sungkeman Jokowi menitipkan pesan-pesan karena setelah resmi menjadi istri Bobby, Kahiyang akan lepas dari orangtuanya.

"Kalau (pesan saat sungkeman) saya hanya hati-hati membina rumah tangga yang sabar yang sabar," kata Jokowi.

Sementara Iriana, tidak banyak menyampaikan kata-kata. Termasuk saat disinggung pesan apa yang disampaikan untuk Kahiyang. "Pesannya idem sama bapak," kata Iriana singkat.

Jokowi menjelaskan, siraman memiliki makna filosofi membersihkan diri. Yakni menghilangkan dari noda yang ada. "Membersihkan menghilangkan noda noda yang tidak baik, baik di hati baik di pikiran yang melekat di badan pengantin kira-kira seperti itu," kata Jokowi.

Sebelumnya, dari beberapa pejabat turut mengikuti prosesi siraman, di antaranya Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan istri, Endang Prasetyaningsih.

Rudy mengatakan kedatangannya dalam prosesi siraman ini karena sang istri mendapat undangan untuk menjadi salah satu yang akan mendapat tugas untuk menyirami calon pengantin putri.

"Yang melakukan siraman semuanya perempuan, termasuk istri saya mendapat tugas menyirami," kata dia.