Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 12:42 WIB
  • Keluarga Bobby Nasution: 'Matur Nuwun' Warga Solo

  • Oleh
    • Dedy Priatmojo,
    • Fajar Sodiq (Solo)
Keluarga Bobby Nasution: 'Matur Nuwun' Warga Solo
Photo :
Kakak Bobby Nasution, Inge Nasution (kebaya hijau), menggelar konferensi pers

VIVA – Keluarga besar calon mempelai pria, Bobby Nasution, telah merampungkan proses siraman yang dimulai Selasa pagi tadi, 7 November 2017. Prosesi siraman itu berlangsung di Hotel Alila, Solo.

Prosesi tersebut ditandai dengan datangnya air tujuh sumber air yang dibawa utusan dari kediaman calon mempelai putri yang mengenakan beskap.

Selanjutnya, air yang berwadahkan kendil itu langsung dibawa menuju lokasi siraman di lantai 19 Hotel Alila. Prosesi siraman calon mempelai laki-laki dimulai sekitar pukul 08.50 WIB.

Sementara itu, prosesi siraman selesai ditandai dengan keluarnya tiga orang utusan yang membawa kendil. Selanjutnya mereka pun langsung meninggalkan hotel menuju kediaman Presiden Jokowi.

Prosesi siraman Bobby Nasution

Foto: Utusan mempelai perempuan membawa air suci untuk siraman mempelai pria

Seperti diketahui dalam prosesi adat jawa, usai siraman kendil yang awalnya digunakan untuk membawa air suci, selanjutnya diganti sebagai wadah potongan rambut Bobby. Kemudian, rambut tersebut akan disatukan dengan potongan rambut Kahiyang untuk selanjutnya dikubur di kediaman mempelai perempuan.

Berterima Kasih

Usai melakukan prosesi siraman, perwakilan keluarga yang diwakili kakak kandung Bobby, Inge Amelia Nasution mengatakan, keluarga sangat berterima kasih dengan kehangatan warga Solo yang telah menerima keluarga besarnya asal Sumatera Utara dengan baik hati.

"Kami merasa diterima oleh warga Solo, sehingga kami mohon doanya supaya acara besok berjalan dengan lancar. Matur nuwun sanget," ucap dia dengan menggunakan bahasa Jawa.

Hanya saja, ketika ditanya mengenai prosesi siraman, ia enggan membeberkannya. Inge yang didampingi pamannya, Erwan Nasution, langsung beranjak dari kursi dan pergi meninggalkan lokasi jumpa pers.

"Maaf ini ada prosesi yang sedang berlangsung, kami harus naik," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, jelang H-1 pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution, sejumlah rangkaian adat mulai tampak di kediaman Presiden di Desa Sumber, Banjarsari Solo, Selasa 7 November 2017.

Pagi ini, prosesi siraman digelar. Penjagaan di sekitar perumahan, sudah diperketat. Tidak bisa sembarang orang masuk, kecuali pihak keluarga, undangan dan sejumlah insan pers.

Adapun prosesi ijab kabul dan resepsi pernikahan akan digelar esok hari, Rabu, 8 November 2017  di Graha Saba, Sumber Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. (ren)