Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 19:00 WIB
  • Jokowi Beri Gelar Pahlawan untuk Pendiri HMI, 9 November

  • Oleh
    • Hardani Triyoga
Jokowi Beri Gelar Pahlawan untuk Pendiri HMI, 9 November
Photo :
  • VIVA.co.id/Istimewa
Presiden Joko Widodo saat meresmikan KEK Mandalika

VIVA – Koordinator Majelis Nasional Presidium Keluarga Alumni HMI (KAHMI) Mahfud MD mengatakan Presiden Joko Widodo akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada pendiri KAHMI, Lafran Pane, Kamis, 9 November 2017. Pemberian gelar ini akan dilakukan di Istana Negara.

"Penganugerahan tanggal 9 November, Kamis ya. Di Istana Negara, Insya Allah saya juga datang," kata Mahfud kepada VIVA, Selasa, 7 November 2017.

Mahfud menjelaskan, pengusulan Lafran sebagai pahlawan nasional sudah dilakukan sejak lama. Ia menekankan syarat Lafran bisa menjadi pahlawan nasional sudah bisa dilakukan sejak setahun lalu.

"Pengusulannya dari daerah, naskah akademik juga sudah. Seminar sudah 27 di perguruan tinggi. Tahun lalu sudah memenuhi syarat," lanjut Mahfud.

Baca: Mahfud MD hingga Akbar Tanjung Temui Jokowi, Ada Apa?

Kemudian, selain Lafran, pada Kamis lusa nanti akan ada tiga tokoh lain yang akan mendapat gelar pahlawan. Salah satunya Malahayati dari Aceh. Menurut Mahfud, beberapa nama yang akan mendapat gelar pahlawan berasal dari luar Jawa yaitu Sumatera. Kata dia, Lafran Pane juga diusulkan dari Pemerintah Daerah Sumatera Utara.

"Nanti bareng dengan tiga tokoh lainnya. Saya lupa tapi salah satunya itu Malahati. Lafran sendiri kan Melayu, dari Sumatera Utara," ujarnya.