Said Aqil ke Bobby-Kahiyang: Istri Adalah Pakaian Suami

Prosesi Pernikahan Kahiyang - Bobby
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj menyampaikan Khutbah Nikah dalam pernikahan Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu. Dia memberikan sejumlah pesan kepada kedua mempelai tersebut.

Prabowo-Gibran Sapu Bersih Suara di TPS Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Nyoblos

"Istri adalah pakaian bagi suami, dan suami adalah pakaian bagi istri," kata Said yang mengutip salah satu ayat dalam Alquran, di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu 8 November 2017.

Said menuturkan, suami harus menutupi kekurangan dari istri. Begitu juga sebaliknya, istri harus merahasiakan rapat-rapat kekurangan suami.

Nyoblos Ditemani Kahiyang Ayu, Bobby Nasution: Semoga Pemilu Berjalan Lancar

"Yang paling bahaya kalau suami menceritakan kekurangan istri ke orang lain apalagi ke perempuan, dan istri menceritakan kekurangan suami kepada teman apalagi kalau temannya itu laki-laki," ujarnya menambahkan.

Said mengatakan, bahwa nikah adalah ibadah. Ibadah harus sesuai syariat Allah dan sunnah rasulullah yaitu berlangsung dengan akad yang resmi yang dipenuhi dengan syarat-syarat dan rukun.

TERPOPULER: Respons Maia Estianty Bertemu Laura Moane dan Potret Anggun Kahiyang Ayu Berhijab

"Adapun selebihnya adalah budaya Islam Nusantara. Perjodohan antara mas Bobby Nasution dengan mbak Kahiyang Ayu merupakan tanda bukti Allah itu sangat Maha Kuasa. Karena hanya Allah lah Azzatul Muttlaqoh.. The absolut one. Selain Allah pasti membutuhkan pasangan," katanya.

Said menambahkan, pertemuan Bobby dan Kahiyang di samping pertemuan fisik, jasmani, yang paling penting adalah pertemuan akhlak, budaya, peradaban, martabat, dan kepribadian. Dia yakin keduanya akan menempati sebuah rumah yang bagus, mewah, dan nyaman.

"Tapi itu tidak ada artinya kecuali kalau ada sakinah. Sakinah ketenangan. Sakinah bukan di harta, pangkat, kedudukan, ketenaran. Sakinah adanya di hati orang yang beriman. Maka orang beriman hidupnya akan tenang. Karena iman adanya di hati, takwa adanya di hati, sakinah adanya di hati."

Sebelumnya, Muhammad Bobby Afif Nasution, resmi dan sah menjadi suami Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo dan Iriana. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya