Gunung Sinabung Meletus Hebat, Gempanya 200 Detik

Gunung Sinabung meletus.
Sumber :
  • Twitter Sutopo BNPB

VIVA – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, lagi-lagi meletus hebat. Bahkan, tinggi kolom abu vulkanik mencapai di atas dua kilometer dari puncak gunung.

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali Hari Ini, Lontarkan Abu Vulkanik

Berdasarkan informasi yang disiarkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, letusan terjadi pada pukul 11.22 WIB, Kamis, 9 November 2017.

Dalam siaran tertulisnya, Sutopo menyebut, berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), durasi gempa saat terjadi letusan mencapai 200 detik.

Erupsi Gunung Sinabung, Hujan Abu Vulkanik Terasa Hingga Binjai

"Gunung Sinabung meletus lagi pada 9 Nov 2017, jam 11.22 WIB. Tinggi kolom abu vulkanik 2.500 meter. Lama gempa erupsi 200 detik," kata Sutopo.

Menurut Sutopo, PVMBG memprediksi kemungkinan besar akan ada letusan susulan setelah terjadi letusan besar. "Letusan susulan berpotensi terjadi. Status Awas. Tidak ada korban jiwa," kata Sutopo.

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik hingga ke Medan

Untuk diketahui, gunung yang memiliki ketinggian 2.451 mdpl itu mulai menggeliat sejak tahun 2010, ditandai peningkatan status menjadi awas. Tak lama setelah itu, Sinabung meletus dahsyat dan hingga saat ini belum ada tanda-tanda aktivitas vulkanik Sinabung bakal turun. (one)

Mensos Risma melihat langsung masyarakat yang berdampak letusan Gunung Sinabung

Mensos Dorong Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung Kembangkan Usaha

Mensos memotivasi masyarakat agar mereka berinisiatif meningkatkan pendapatan. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyerah kepada nasib.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021