Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 9 November 2017 | 16:23 WIB
  • Alasan Pengemudi Outlander Libas Tiga Pengendara Motor

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Nur Faishal (Surabaya)
Alasan Pengemudi Outlander Libas Tiga Pengendara Motor
Photo :
  • Dokumentasi Polrestabes Surabaya
GGT, pengemudi Outlander yang menabrak tiga pengendara sepeda motor, menjalani pemeriksaan di klinik kesehatan Polrestabes Surabaya pada Kamis, 9 November 2017.

VIVA – GGT (18 tahun), pengemudi Mitsubishi Outlander yang menyeruduk tiga sepeda motor di Jalan Raya Darmo Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis pagi, 9 November 2017, langsung menjalani pemeriksaan kesehatan di klinik Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya seusai kejadian. Hasilnya, dia bebas narkotika dan alkohol.

Lalu apa sebab GGT tak bisa mengendalikan laju mobilnya dan menyeruduk tiga sepeda motor di depannya yang berhenti karena lampu lalu lintas pejalan kaki menyala merah? Mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya itu diduga melamun.

"Saat kami tanya di lokasi, pengemudi Outlander bilang pikirannya kosong, hingga tak sadar sudah menabrak tiga sepeda motor," kata Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polrestabes Surabaya, Ajun Komisaris Polisi Halim Nugroho, kepada wartawan.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polrestabes Surabaya, Komisaris Polisi Lily Djafar, mengatakan bahwa mobil Outlander itu adalah milik pribadi GGT, bukan pinjam ke orang lain. Ditanya soal hasil pemeriksaan kesehatan terkait kemungkinan GGT mengonsumsi narkotika atau alkohol, dia menjawab, "hasilnya negatif."

Mobil Outlander bernomor polisi L 1929 HL dan tiga sepeda motor yang ditabrak itu sudah diamankan di kantor Unit Lakalantas Polrestabes Surabaya di Dukuh Pakis untuk kepentingan penyelidikan. Sejumlah saksi dimintai keterangan, termasuk GGT. Akibat kejadian ini, dua pengendara sepeda motor menderita luka berat, satu pemotor luka ringan.

Kecelakaan mengerikan itu terjadi pada Kamis pagi, sekira pukul 07.15 WIB. Berdasarkan rekaman pengawas CCTV milik Dinas Perhubungan setempat di lokasi, kecelakaan bermula ketika sebuah sepeda motor yang dikendarai pria berhelm merah berhenti di lajur kiri jalan. Di belakangnya, dua sepeda motor melaju pelan, siap-siap berhenti.

Tampaknya lampu lalu lintas (traffic light) pejalan kaki menyala merah, sehingga tiga motor itu berhenti. Di saat yang sama, dari arah sama melaju kencang beberapa mobil dan kendaraan dan terlihat ancang-ancang ikut mengurangi kecepatan. Hanya satu mobil warna putih, yakni Outlander yang dikemudikan GGT, yang tetap melaju kencang. Mobil itu langsung menghajar tiga motor yang berhenti di depan.

(ase)