Sakit, Nazaruddin Menolak Bersaksi untuk Andi Narogong

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat dan terpidana kasus korupsi Wisma Atlet dan Pencucian Uang, Muhammad Nazaruddin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA – Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin menolak untuk bersaksi dalam persidangan kasus korupsi pengadaan e-KTP, Jumat 10 November 2017. Terpidana kasus Wisma Atlet itu beralasan sakit dan tidak sanggup menghadiri persidangan.

Setya Novanto Dapat Remisi Idul Fitri, Masa Tahanan Dipotong Sebulan

"Petugas kami sudah ke Lembaga Pemasyarakatan, tetapi kondisinya masih sakit," kata Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Eva Yustisiana di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Nazaruddin sudah tiga kali dipanggil untuk bersaksi dalam persidangan yang menjerat terdakwa Andi Agustinus, alias Andi Narogong. Namun, dia terus mengaku sakit kepada jaksa KPK.

Diperiksa Kasus E-KTP, Eks Mendagri Gamawan Fauzi Bantah Kenal Tanos

Sebenarnya, suami Neneng Sri Wahyuni itu telah diperiksa oleh tim dokter di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Menurut dokter, Nazaruddin memang sakit, namun masih bisa untuk bersaksi di persidangan.

Ketua majelis hakim, Jhon Halasan Butarbutar meminta jaksa mengupayakan kehadiran Nazaruddin. Apalagi, jika jaksa merasa keterangan Nazaruddin sangat penting, guna pembuktian tindak pidana yang dilakukan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Pengusutan Korupsi E-KTP Masih Lanjut, KPK Periksa Rekanan Proyek

Dalam dokumen pemeriksaan dimiliki VIVA, Nazar merumahkan satu di antara saksi perkara e-KTP yang turut membongkar peran-peran anggota DPR dalam muluskan anggaran proyek senilai Rp5,9 triliun itu.

Menkumham Yasonna Laoly saat konferensi AALCO di Nusa Dua, Bali

Yasonna Dorong Forum Pengembalian Aset Korupsi Century dan e-KTP di Forum AALCO

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengatakan, Indonesia punya pengalaman pengembalian aset hasil pidana korupsi dari luar negeri.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2023