Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 10 November 2017 | 14:52 WIB
  • Azwar Anas Fokus Bidik Pemilih Kids Zaman Now Jawa Timur

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Syaefullah
Azwar Anas Fokus Bidik Pemilih Kids Zaman Now Jawa Timur
Photo :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

VIVA – Calon wakil gubernur Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas, sudah membidik target calon pemilih dalam pilkada tahun 2018. Dia hanya berfokus menjaring calon pemilih yang terkategori generasi millenial, atau istilah populer kini kids zaman now; anak muda zaman sekarang.

Kandidat yang berpasangan dengan Saifullah Yusuf, alias Gus Ipul itu pun sudah merancang strategi menggaet simpati kalangan muda pemilih pemula melalui media sosial. Soalnya, mereka diidentifikasi paling melek internet.

"Saya menyasar kelompok millenial, baik di Instagram, Twitter, lainnya. Kami ingin kampanye positif dan kreatif dengan program kerja," kata Azwar Anas, ketika ditemui di kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta pada Jumat 10 November 2017.

Pria yang kini menjabat Bupati Banyuwangi itu mengenali kids zaman now relatif antipati dengan politik, terutama yang bersifat konvensional. Maka Anas tak mau mencitrakan diri terlalu politis yang hanya dimengerti kalangan tua, seperti atribut atau simbol-simbol partai.

Dia menyosialisasikan diri melalui Instagram dan Twitter sesuai tren di kalangan remaja, seperti menguggah foto-foto kuliner lokal atau tempat wisata, terutama yang menjadi ciri khas daerahnya.

Namun, dia mengaku tak melulu bersosialisasi melalui media sosial, melainkan juga menemui langsung masyarakat di daerah-daerah Jawa Timur. Pada pokoknya, kata mantan politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu, strategi kampanyenya Gus Ipul bersifat "positif dan inspiratif."

Azwar Anas sedang menata program dengan memetakan masalah kabupaten miskin di Jawa Timur. Sementara ini sudah teridentifikasi lima kabupaten terkategori miskin, namun dia tak menyebutkannya. "Dengan begitu pemetaan kewilayahan menjadi prioritas kami," ujarnya.

Pilkada Jawa Timur

Pemilihan gubernur Jawa Timur disebut-sebut sebagai salah satu pilkada dengan persaingan paling sengit antarkandidat. Dua tokoh utama yang pernah berkompetisi dalam dua kali pemilihan gubernur dipastikan berhadap-hadapan lagi.

Kedua tokoh itu ialah Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf, alias Gus Ipul. Khofifah baru pada akhir pekan lalu menyatakan secara terbuka siap mencalonkan gubernur, meski belum disebutkan kandidat wakilnya. Sementara itu, Gus Ipul sudah berduet dengan Abdullah Azwar Anas.

Khofifah dan Gus Ipul dua kali berkompetisi dalam pemilihan gubernur Jawa Timur, yaitu pada 2008/2009 dan 2014. Khofifah dua kali itu pula sebagai calon gubernur dengan dua calon wakil berbeda. Gus Ipul berposisi sebagai calon wakil gubernur mendampingi Soekarwo. Pasangan Soekarwo-Gus Ipul memenangi dua kali pesta demokrasi lokal itu. Baca selengkapnya di Menyongsong Duel Klasik Khofifah vs Saifullah