Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 10 November 2017 | 18:02 WIB
  • Ganjar Belum Dapat Kepastian dari PDIP soal Cagub Jateng

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Ganjar Belum Dapat Kepastian dari PDIP soal Cagub Jateng
Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dipastikan telah memiliki nama calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah. Namun partai itu belum mau mengumumkannya kepada publik.

Ganjar Pranowo, gubernur sekarang, pun belum mengetahui dan mendapatkan kepastian dari partainya mengenai apakah dia dicalonkan lagi atau sebaliknya. Dia hanya pasrah kepada sang ketua umum Megawati Soekarnoputri.

"Pasangannya dengan siapa juga belum ngerti. Ke Bu Mega (Ketua Umum Megawati Soekarnoputri) saja, kita tunggu saja," kata Ganjar di Semarang pada Jumat, 10 November 2017.

Dia mengingatkan bahwa keputusan partainya tentang calon kepala daerah bukan semacam sesuatu yang diperebutkan, melainkan keputusan yang ditetapkan berdasarkan aspirasi masyarakat.

"Kita sedang tidak rebutan tumpeng; rebutan kue, tapi mencari orang yang benar-benar diharapkan publik, disenangi publik, ikut dan masuk dalam selera publik, sehingga cocok. Kalau yang dipilih dengan yang memilih sehati, kan, menggerakkannya gampang," ujarnya.

Apa pun keputusan PDIP, katanya, kader harus patuh. Sesuai tadisi di PDIP, keputusan itu mutlak di tangan Ketua Umum. "Kalau kita PDI Perjuangan, Bu Mega yang nanti putuskan," ujarnya.

Nama Ganjar Pranowo memang dianggap kader yang cukup kuat untuk dicalonkan sebagai gubernur Jawa Tengah. Puan Maharani, Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDIP, bahkan menyebut hasil survei internal PDIP, petahana masih memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas tertinggi dibanding kader lain.

"Incumbent (petahana), (hasil) survei masih cukup kuat dan belum ada calon yang suaranya cukup mengimbangi," kata Puan usai pelantikan sayap partai Banteng Muda Indonesia Jawa Tengah di Semarang, kemarin.