Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 10 November 2017 | 23:51 WIB
  • Gus Solah Desak Segera Umumkan Wakil Khofifah

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Nur Faishal (Surabaya)
Gus Solah Desak Segera Umumkan Wakil Khofifah
Photo :
  • VIVA.co.id/ Yandi Deslatama (Serang)
Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Solahudin Wahid (Gus Solah)

VIVA – Ketua Tim Sembilan Salahuddin Wahid atau Gus Solah meminta partai politik pengusung Khofifah Indar Parawansa segera menentukan dan mengumumkan bakal calon wakil gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Gus Solah mengatakan para kiai pendukung Khofifah dalam Tim Sembilan telah menyodorkan dua nama kepada partai pengusung. “Saya tidak bisa menyebutkan," katanya di kampus ITS Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 10 November 2017.

Pengasuh Pesantren Tebu Ireng, Jombang, itu mengatakan bahwa dua figur yang digadang jadi wakinya Khofifah dikenal banyak orang. Dia bisa politikus, bisa kepala daerah, atau bisa pula mantan kepala daerah.

Hal yang pasti, keduanya juga bisa mendongkrak perolehan suara Khofifah. "Cuma saya tidak boleh menyampaikan, itu wewenangnya partai," tutur Gus Solah.

Sementara ini, baru tiga partai yang resmi menyatakan akan mengusung Khofifah, yakni Nasdem, Golkar dan Demokrat.

PPP dan Hanura dikabarkan akan menyusul. Gus Solah berharap partai pengusung segera menentukan dan mendeklarasikan paket pasangan Khofifah dan wakilnya.

"Semoga sebelum tanggal 13 (November 2017)," ucapnya. Dinamika politik Jatim kian bergejolak menjelang Pilgub Jatim 2018.

Dua pasangan kuat akan berhadap-hadapan, yakni pasangan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Abdullah Azwar Anas yang diusung PKB-PDIP, dengan Khofifah yang, secara resmi, baru diusung tiga partai, yakni Nasdem-Golkar-Demokrat. Satu lagi kandidat yang rajin mencari dukungan, yakni La Nyalla Mattalitti. (ase)