Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 12 November 2017 | 06:49 WIB
  • Buaya Muara Bikin Geger Warga Kotawaringin

  • Oleh
    • Eko Priliawito,
    • antv/tvOne
Buaya Muara Bikin Geger Warga Kotawaringin
Photo :
  • Didi Syachwani
Buaya muara ditangkap warga

VIVA – Warga Samuda Kota, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, digegerkan dengan kemunculan seekor buaya muara yang terkenal ganas yang panjangnnya mencapai 2 meter lebih ditemukan di halaman rumah salah seorang warga di sana. Predator ini akhirnya berhasil ditangkap menggunakan jala.

"Buaya tersebut tengah malam tadi masuk ke halaman rumah warga bernama H. Asan, kebetulan saat itu kondisi air sungai Mentaya tengah pasang tinggi," kata Hafizi, warga Samuda Kota, Sabtu, 11 November 2017.

Mungkin karena merasa ketakutan, pemilih rumah tersebut langsung menghubungi tetangganya, minta bantuan untuk mengamankan buaya tersebut.

Warga kemudian secara beramai-ramai langsung melakukan pengepungan untuk menangkap hewan buas tersebut, dan menangkapnya dengan menggunakan jala penangkap ikan.

"Lumayan lama juga waktunya saat warga berupaya menangkap buaya tersebut. Warga sepertinya antara berani dan takut juga saat menangkapnya," kata Hafizi.

Sesudah buaya tersebut berhasil tertangkap dan terlihat sudah tidak berdaya, warga kemudian langsung mengikatnya dengan tali serta memplester bagian mulutnya agar tidak membahayakan warga.

Kemunculan hewan buaya di sekitaran DAS Mentaya bahkan hingga masuk ke pemukiman warga, akhir-akhir ini memang kerap terjadi. Keresahan akan keberadaan buaya ini, menjadi permasalahan klasik di kawasan Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur itu. Buaya-buaya ini, kerap membuat geger warga di kawasan tersebut.

Berdasarkan catatan di kantor pos BKSDA Sampit, dalam beberapa tahun terakhir ini setidaknya terjadi 12 kali serangan buaya kepada manusia, dan 5 korban serangan buaya ini di antaranya bahkan hingga tewas.