Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 13 November 2017 | 16:07 WIB
  • Pesawat Wings Air Tergelincir di Nabire

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Banjir Ambarita (Papua)
Pesawat Wings Air Tergelincir di Nabire
Photo :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita
Juru Bicara Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal, di Jayapura pada Rabu, 22 Februari 2017.

VIVA – Pesawat Wings Air jenis ATR 72-500 PK WFP dilaporkan mengalami kecelakaan saat mendarat di Bandara Udara Douw Aturure Nabire, Papua, pada pukul 09.32 WIT, Senin, 13 November 2017. Pesawat yang terbang dari Bandara Pattimura Ambon itu tergelincir di landasan.

Polisi menyatakan, pesawat mengalami kerusakan pada setirnya sehingga ban depan pesawat tidak berfungsi dengan baik. “Akibatnya pesawat sempat terseret saat bannya menyentuh landasan pacu,” kata juru bicara Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal.

Pesawat itu dikemudikan kapten pilot Suwandi dan kopilot Eka Radhitya. Pesawat membawa penumpang 52 orang; terdiri 48 dewasa, tiga anak dan satu balita.

Saat mendarat di landasan pacu Bandara Nabire, awalnya tak ada masalah, tetapi tepat pada meter 800, pesawat itu mengalami masalah pada bagian kemudi. Ban depan pesawat tak berfungsi dengan baik lalu pesawat terseret hingga 60 meter di landasan pacu itu.

Dilaporkan tidak ada korban tewas maupun luka dalam insiden itu. Semua awak dan penumpang sudah dievakasi dengan selamat ke ruang kedatangan Bandara. Pesawat yang bermasalah itu pun segera ditarik dari landasan pacu ke tempat parkir pesawat.

Bandara sempat ditutup hingga evakuasi pesawat dari landasan pacu ke apron berhasil. “Kegiatan penerbangan di Bandar Udara Nabire kini sudah kembali berjalan dengan normal,” kata Mustofa. (one)