Mobil Patroli Ditembaki, Satu Karyawan Freeport Terluka

Mobil patroli PT Freeport yang ditembaki di Tembagapura
Sumber :
  • Banjir Ambarita

VIVA – Kelompok kriminal bersenjata kembali beraksi di areal perusahaan tambang PT Freeport Indonesia di mile 69 Tembagapura Timika Papua pada Selasa 14 November 2017 sekitar pukul 08.20 WIT. Mobil patroli yang sedang melintas ditembaki dan melukai satu karyawan.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Juru bicara Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, kelompok kriminal bersenjata menyerang dengan cara menembaki mobil patroli yang melintas si lokasi kejadian.  

“Ada karyawan Freeport atas nama Toto Sadewo yang kena tembakan dan kini sedang dirawat di rumah sakit,” ujar Kamal.

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Mengenai kronologi kejadian, berawal ketika anggota Brimob Sumbar melakukan pengawalan terhadap karyawan menggunakan kendaraan patroli di zona Tembagapura dari mile 68 menuju mile 72. Setibanya di mile 69 rombongan ditembaki.

“Anggota pengawalan membalas dengan mengeluarkan tembakan rentetan, namun kendaraan pengawalan tetap jalan, 50 meter jalan kembali ditembaki dari arah depan hingga mengenai paha salah satu karyawan,” ujarnya.

Beroperasi Juni 2024, Smelter Freeport di Gresik Bakal Diresmikan Jokowi?

Selanjutnya, tembakan balasan dilancarkan oleh anggota pengawalan, dan di pos 69 kembali mendapat serangan dan dibalas oleh anggota yang melaksanakan patroli.

Saat ini, situasi sudah mulai terkendali, ada satu regu anggota dari kepolisian masih disiagakan di pos 69 setelah dilakukan penyisiran di wilayah baku tembak. “Sampai saat ini rute lagi disisir dan situasi sudah aman terkendali,” katanya.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Salah satu tantangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka nanti adalah persoalan konflik di Papua. Jusuf Kalla yang pernah tangani konflik Aceh, ikut memberi saran

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024