Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 12:19 WIB
  • Berpeci Hitam, Amien Rais Hadiri Sidang Vonis Buni Yani

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Adi Suparman (Bandung)
Berpeci Hitam, Amien Rais Hadiri Sidang Vonis Buni Yani
Photo :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman
Amien Rais hadiri sidang vonis Buni Yani

VIVA – Tokoh nasional Amien Rais hadir dalam sidang putusan terdakwa kasus pelanggaran Undang Undang Informasi Transaksi dan Elektronika, Buni Yani. Amien Rais sebelum masuk ruangan sidang, ikut berorasi bersama loyalis Buni Yani.

Selain Amien Rais, pengacara Egi Sudjana juga hadir dan duduk bersama pengunjung sidang lainnya. Tak hanya itu, anggota DPD RI, Fahira Idris tampak hadir.

Amien yang mengenakan baju koko putih dan peci hitam ini masuk ke ruang sidang melalui anak tangga dari lantai satu hingga lantai tiga. "Saya di sini, mengingatkan kebenaran," ujar Amien, Selasa 14 November 2017.

Amien juga mengajak masyarakat, khususnya umat muslim untuk membela Buni Yani agar bebas dari sangkaan jaksa penuntut umum. Menurutnya, keadilan harus ditegakkan.

"Jangan sampai keadilan tidak ditegakkan, saya ingin mengajak masyarakat semua untuk membela saudara Buni Yani," tutur mantan ketua MPR tersebut.

Amien Rais menilai, kasus Buni Yani yang berawal dari kasus mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok merupakan kriminalisasi penegak hukum kepada Buni Yani.

Dalam kasus ini, Buni Yani merupakan pengunggah video singkat pidato Ahok di Kepulauan Seribu yang di dalamnya menyebut soal Alquran Surat Al-Maidah ayat 51. Buni Yani disangkakan mengubah video pidato Ahok.

"Menurut kami, itu mendapatkan kriminalisasi. Jadi mudah-mudahan majelis hakim memberikan ketok palu yang syukur-syukur dibebaskan," ujarnya.