Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 15 November 2017 | 20:43 WIB
  • Cuaca Buruk, Lima Penerbangan di Malang Batal Berangkat

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Lucky Aditya (Malang)
Cuaca Buruk, Lima Penerbangan di Malang Batal Berangkat
Photo :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya
Penumpang pesawat di di Bandara Abdulrahman Saleh gagal berangkat

VIVA – Sebanyak 466 penumpang dari maskapai Sriwijaya Air, Wings Air, Citilink, dan Batik Air gagal berangkat akibat cuaca buruk di Bandara Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur, pada Rabu 15 November 2017.

Pesawat yang seharusnya mengangkut penumpang itu gagal mendarat di Malang karena cuaca buruk. Akibatnya, ratusan penumpang telantar di bandara sejak pukul 12.00 WIB.

"Saya mau ke Denpasar, pesawat katanya batal ke Malang karena cuaca buruk. Untuk tujuan Bali dikasih dua pilihan, kembali uang atau ganti besok pemberangkatannya," kata Shely, salah satu penumpang Wings Air.

Dia mengaku pasrah jika pembatalan pemberangkatan karena faktor cuaca. Sesuai jadwal penerbangan, Shely seharusnya berangkat pada pukul 14.15 WIB. Ia akhirnya memilih uang kembali dan melanjutkan perjalanan ke Bali menggunakan jasa travel.

"Saya mau pulang ke Denpasar. Kalau karena cuaca tidak bisa kecewa, karena semua penerbangan dibatalkan. Kondisi tidak memungkinkan kalau kita maksa, nanti malah risiko. Mending saya uang kembali saja berangkat naik travel," ujar Shely.

Penumpang yang telantar akhirnya diberi alternatif menggunakan bus untuk mengalihkan penerbangan dari Bandara Abdurahman Saleh ke Bandara Juanda, Sidoarjo. Sebanyak 11 bus disiapkan untuk mengangkut penumpang.

"Kami memahami atas kejadian alam ini. Tapi, di sisi lain, antisipasi pihak bandara yang sedikit terlambat membuat banyak penumpang resah. Apalagi, bagi penumpang yang membutuhkan fasilitas khusus pastinya sangat kesulitan mengingat harus naik bus ke Sidoarjo yang membutuhkan waktu lebih kurang tiga jam perjalanan," kata Muhammad Syifaul Khoiri, salah satu penumpang Batik Air tujuan Jakarta.

Syifaul berharap sistem informasi Bandara Abdulrahman Saleh ditingkatkan. Sebab, informasi pembatalan dan pengalihan penerbangan baru diterima penumpang pada pukul 16.00 WIB.

Ada lima penerbangan yang gagal berangkat, empat di antaranya tujuan Jakarta, yaitu Sriwijaya Air dua penerbangan, Batik Air, Citilink karena cuaca buruk. Sedangkan untuk Wings Air tujuan Denpasar Bali gagal berangkat karena masalah teknis. (one)