Setya Novanto: Aku Masih Lemas

Setya Novanto saat dipindahkan dari Rumah Sakit Medika Permata Hijau ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada Jumat, 18 November 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wibowo Armando

VIVA – Setya Novanto dikabarkan sempat siuman setelah tidur panjang sejak tempat perawatannya dipindahkan dari Rumah Sakit Medika Permata Hijau ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada Jumat, 18 November 2017.

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Namun kala itu hanya sang pengacara, Fredrich Yunadi, yang dapat berbicara dengan Novanto kala dia membesuk kliennya pada Sabtu siang siang. Itu adalah komunikasi pertamanya dengan Novanto sejak Ketua Dewan Perwakilan Rakyat tersebut kecelakaan dalam mobil yang ditumpanginya pada Kamis malam lalu.

Kondisi Novanto, kata Fredrich, belum pulih. Tak banyak yang diucapkan Novanto kepadanya kecuali seputar keadaan fisiknya.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

"Aku masih lemas, katanya (Novanto) begitu," kata Fredrich, menirukan kata-kata Novanto, ketika ditemui di RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Sabtu sore.

Fredrich cukup lama menjenguk Novanto. Dia teramati kali pertama datang pada pukul dua belas siang lalu keluar sampai dicegat wartawan pada pukul empat sore. Setelah itu dia pulang.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Tidur Nyenyak

Berdasarkan keterangan dokter yang merawat, kata Fredrich, Novanto tidur nyenyak sejak kemarin. Bahkan dokter yang masuk ke ruangannya untuk pemeriksaan tak berani membangunkan Ketua Umum Partai Golkar itu.

Fredrich pun mengaku tak serta-merta dapat menemui Novanto di ruang perawatan, melainkan menunggu cukup lama sampai kliennya bangun dari tidurnya.

"Beliau itu tidur, jadi, kan, saya harus menunggu sampai beliau bangun. Enggak ada yang berani bangunin dia. Dokter katanya tadi pagi-pagi aja enggak berani bangunin," ujarnya.

Dia menolak menjelaskan soal detail kondisi kesehatan Novanto, karena itu adalah kewenangan dokter yang merawat. "Tanya sama dokter saja," katanya, ketika didesak pertanyaan seputar kondisi terkini Novanto. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya