Mentan Minta Jenderal Lain Ikuti Jejak eks Panglima TNI

Menteri Pertanian Amran Sulaiman
Sumber :

VIVA – Menteri Pertanian Amran Sulaiman memuji Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Jenderal (Purn) Moeldoko yang sudah berbuat banyak untuk pertanian di Tanah Air. Jika jenderal-jenderal lain mengikuti jejak Moeldoko, maka dunia pertanian Indonesia semakin hebat.

Moeldoko Bagi-bagi Beras untuk Disabilitas

"Seandainya ada 100-200 jenderal seperti Bapak Moeldoko yang turun ke pertanian, bisa bergetar ini Indonesia," kata Amran melalui keterangan persnya, Kamis, 23 November 2017.

Amran juga mengingat kerjasamanya dengan Moeldoko ketika masih menjabat Panglima TNI. Saat itu, dia diminta Presiden Jokowi mengirimkan 100 traktor ke Papua. Upaya ini sebagai perhatian terhadap sektor pertanian Bumi Cendrawasih.

Moeldoko Bilang Ganti Rugi ke Warga Wadas Selesai Sebelum Lebaran

"Sekarang diminta, besok itu harus sudah sampai. Bagaimana caranya ini yang harus dipikirkan," kata Amran.

Mendapat instruksi dari Jokowi, Amran pun kepikiran langsung mengontak Moeldoko. Meski mengaku pusing, kata Amran, Moeldono mau membantu. Ia mengingat hal ini membuktikan Moeldoko yang cinta pertanian. "Beliau pusing, saya juga pusing," kata Amran.

Penjelasan "Logis" Pemerintah BPJS Kesehatan untuk Jual Beli Tanah

Namun, menurutnya, jenderal bintang empat itu tak mudah menyerah. Atas perintahnya, 100 traktor dari Yogyakarta diangkut ke pesawat Hercules menuju Papua. Agar lebih efisiensi, traktor yang dikirim Papua dirakit di pesawat Hercules.

"Kami rakit traktor itu di atas pesawat. Jadilah itu traktor termahal yang pernah kita berikan kepada masyarakat," kata Amran.

Setelah pensiun dari TNI, Moeldoko dipercaya memimpin HKTI periode 2017-2022. Di bawah kepemimpinan mantan Kepala Staf TNI AD, organisasi tersebut bergerak maju dengan menghasikan sejumlah produk pertanian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya