Setelah 27 Tahun, Malangbong Dilanda Banjir Bandang

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meninjau permukiman warga yang terdampak bencana banjir bandang, Jumat (24/11/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA – Bencana banjir bandang merusak ratusan rumah di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kerugian ditaksir mencapai Rp5 miliar.

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Pengakuan warga setempat, itu menjadi bencana pertama banjir bandang di Malangbong. Jika pun pernah terjadi itu pun dalam intensitas kecil yakni pada tahun 1990.

"Ini yang pertama kalinya banjir bandang. Dulu hanya banjir bandang biasa hanya sawah yang jadi korban," kata Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Jumat 24 November 2017.

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Diakui Helmi, daerah Malangbong memang termasuk kategori rawan bencana. Namun bencana itu berupa tanah longsor. Sementara untuk banjir bandang bukanlah bencana rutin daerah itu.

Saat ini, banjir bandang di Malangbong tercatat membuat kerusakan pada 149 unit rumah warga. Termasuk juga fasilitas umum berupa delapan masjid, dua unit sekolah dasar, tujuh jembatan, empat bangunan irigasi dan sejumlah titik jalan.

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

"Cukup banyak yang terdampak, meliputi warga yang tinggal di lima desa," kata Helmi.

Sejauh ini, untuk penyebab bencana diduga akibat meluapnya Sungai Citatap dan Cideres. Tinggi muka air saat kejadian dilaporkan mencapai dua meter dan menerjang banyak rumah warga. (ren)

Korban tewas dan selamat banjir bandang saat dievakuasi ke Puskesmas di Kabupaten Langkat.(istimewa/VIVA)

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Banjir badang atau air bah terjang lokasi wisata pemandian Kolam Abadi Teroh-teroh/Pelaruga Jungle, di Dusun I Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024