Ini Pergerakan Magma Gunung Agung

Bom vulkanik Gunung Agung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA – Pergerakan magma Gunung Agung dari barat laut membuat beberapa gangguan pada patahan yang menghubungkan Gunung Agung dan Gunung Batur.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana. "Hiposenter di Baratlaut bukan berarti magmanya dari samping. Tapi segmen Barat Laut itu terganggu dengan pergerakan magma," kata Devy, Minggu 26 November 2017.

Menurutnya, Gunung Agung merupakan stratovolcano. Ia mengibaratkan stratovolcano itu ibarat kue lapis. "Nah, gunung itu bangunannya berlapis-lapis. Setiap batas lapisan biasanya menjadi reservoir air," jelas dia.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Saat magma naik ke permukaan, reservoir air di salah satu lapisan atau di beberapa lapisan akan terganggu. "Perubahan fasa air menjadi uap menghasilkan perubahan volumetrik. Gangguan ini kemudian mengganggu lagi sistem di sekitarnya," ujarnya.

"Yang paling mudah terganggu adalah sistem yang paling lemah, dalam hal ini sesar atau patahan. Nah, kebetulan kemarin yang paling terganggu adalah sesar di antara Gunung Agung dan Gunung Batur," kata Devy.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi
Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024