Wapres JK Yakin Bali Sudah Siap Antisipasi Bencana

Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riki Ilham Rafles

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla yakin provinsi Bali sudah siap menghadapi bencana meletusnya Gunung Agung. Pernyataan itu disampaikan menyikapi meningkatnya status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, dari siaga menjadi awas.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

"Kita sudah siap (menghadapi erupsi Gunung Agung). Sebenarnya, yang paling siap menghadapi bencana itu di Bali," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Senin 27 November 2017.

JK menyampaikan, kesiapan itu penting mengingat bencana letusan gunung berapi terbilang hal yang bisa diantisipasi. Hal serupa tidak bisa dilakukan untuk bencana gempa bumi, yang peristiwanya tidak bisa diprediksi.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

"Bencana itu (letusan gunung berapi) ada tanda-tandanya, seperti (lontaran) batu-batu. Beda dengan gempa bumi. Gempa bumi tidak pakai tanda-tanda, langsung saja (terjadi)," ujar JK.

Menurut JK, kesiapan itu di antaranya adalah pendirian ratusan tempat pengungsian sejak Gunung Agung pertama kali menunjukkan peningkatan aktivitas. JK memastikan setiap pengungsi akan terjamin kebutuhannya jika Gunung Agung pada akhirnya terus mengalami erupsi magma.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

"Pemerintah daerah dan pemerintah pusat bisa menjamin, berapa ribu orang yang diungsikan itu tetap dijamin oleh pemerintah," ujar JK.

Status Gunung Agung ditingkatkan menjadi awas dari sebelumnya siaga mulai pagi tadi, Senin, 27 November 2017. Erupsi fase magmatik sudah terjadi sejak Minggu, kemarin. (ren)

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024