Fase Kritis, Gunung Agung Bisa Erupsi Secara Eksplosif

Letusan Gunung Agung beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Fikri Yusuf

VIVA – Aktivitas Gunung Agung memasuki fase kritis, bila erupsi ekplosif terjadi, volume material yang keluar akan sangat besar. Karena itu, masyarakat segera menjauh dan selalu mengikuti arahan petugas, guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), I Gede Suantika mengatakan, seluruh stasiun pemantau di sekeliling Gunung Agung mencatat telah terjadi over scale selama setengah jam dari jam 13.30-14.00 pada Selasa, 28 November 2017.

"Kita mencatat baru kali ini over scale, jejak aliran magma dari bawah ke atas itu sampai over scale. Over scale itu artinya apa, yaitu amplitudo yang kita catat di alat kita tidak lagi bisa mencatat saking besarnya. Over scale batas amplitudo 23 mm. Itu sekarang sudah tidak tercatat. Berarti tadi lebih dari 23 mm," kata Gede Suantika.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Dengan kondisi ini, ada dua cara keluar magma di dapur Gunung Agung. Secara efusif masih bakal terjadi dan secara, besar-besaran dengan tetap memenuhi kawah. Kemudian magma meleleh dan akan jatuh sebagai aliran lava diikuti oleh awan panas guguran.

Sementara kedua cara magma keluar dengan cara seketika secara eksplosif. Bila itu yang terjadi,  kemungkinan awan panas sudah terbentuk.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

"Ke depan begitu situasinya. Sekarang ini akan efusif atau eksplosif, itu yang kita tidak tahu," katanya.

Dari pantuan VIVA, dengan kondisi ini petugas meminta wartawan dan warga segera menjauh dari pos pantau. Mereka dipaksa untuk segera turun. Saat ini kondisi di lokasi terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024