Banjir Setinggi Perut, Warga Gunung Kidul Mengungsi

Hujan deras akibatkan banjir di Yogyakarta, Selasa, 28 November 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Daru Waskita (Yogyakarta)

VIVA – Hujan lebat yang mengguyur area Gunung Kidul sejak kemarin menyebabkan banjir setinggi perut orang dewasa. Akibatnya, sejumlah warga diungsikan. Warga diketahui berasal dari Dusun Wonosari dan Dusun Padangan, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari.

Banjir Demak Mulai Surut, Jokowi Kembali ke Jakarta

Camat Tanjungsari, Rahmadian Wijayanto mengatakan bahwa banjir yang tiba-tiba datang di pagi hari tadi menyebabkan 16 KK di dusun tersebut juga mengungsi ke tetangga yang berada di lokasi yang lebih tinggi.

"Air sudah masuk rumah setinggi perut orang dewasa sehingga praktis tak bisa beraktivitas," ujarnya, Selasa, 28 November 2017.

Jokowi Turun Langsung ke Demak Cek Perbaikan Tanggul yang Jebol

Sedangkan di Dusun Wonosari terdapat 12 KK yang terisolasi. Lokasi yang berada jauh dari permukiman warga menyebabkan sulit mengevakuasi ke lokasi yang terdekat. 

"Kami berharap mereka mau mengungsi di lokasi yang banyak orangnya, karena mereka terisolasi. Padahal lokasi jauh dari permukiman, hanya 12 KK itu," ujarnya.

Anies Baswedan Kunjungi Korban Banjir di Sumatera Barat

Pemerintahan Kecamatan sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, untuk memberikan bantuan kebutuhan makan pengungsi.

"Kami sudah berkoordinasi agar penanganannya lebih cepat. Saat ini juga sedang didata kebutuhan yang diperlukan masyarakat," katanya. 

Kepala Dusun Padangan, Suranto mengatakan rumah warga mulai terendam sejak Senin petang, 27 November 2017. Puncak ketinggian air terus bertambah hingga pagi tadi. 

"Warga sudah diinstruksikan untuk mengungsi," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya