Diterjang Banjir, Bantul Kini Berstatus Darurat Bencana

Jalan alternatif Bantul-Kabupaten Gunung Kidul rusak diterjang banjir.
Sumber :
  • Viva.co.id/Daru Waskita

VIVA – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menetapkan status tanggap darurat bencana setelah bencana banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan rumah roboh terjadi hampir merata di setiap wilayah di Kabupaten Bantul.

BMKG: Hujan Es Berpotensi Terjadi hingga Maret dan April 2022

"Bapak Bupati (Bantul) hari ini sudah menetapkan status tanggap darurat bencana Kabupaten Bantul, mulai tanggal 29 November sampai dengan 12 Desember 2017," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto, Rabu 29 November 2017.

Setelah ditetapkan status tanggap darurat bencana, Pemkab dan BPBD Bantul mulai hari ini akan berupaya menangani kerusakan infrastruktur akibat bencana tersebut. Saat ini, masih dilakukan pendataan berbagai infrastruktur yang rusak.

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Sebagian Indonesia Sepekan ke Depan

"Nanti anggaran perbaikan akan kami usulkan," jelasnya.

Lebih jauh Dwi mengatakan, saat pendataan kerusakan akibat bencana banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan rumah roboh masih terus terjadi.

Hujan Deras Landa Kota Malang, 6 Pohon Tumbang Satu Menimpa Mobil

"Yang jelas belum ada laporan korban meninggal dunia. Kita saat ini masih konsentrasi pada penanganan pengungsi. Dan membantu warga melakukan evakuasi," katanya. (ren)

Ilustrasi hujan lebat

Waspada, Hujan Lebat dan Petir Terjadi di Sejumlah Daerah Indonesia

Sejumlah daerah itu mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Lampung, hingga Sumatera Barat.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022