Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 29 November 2017 | 11:07 WIB
  • Persaingan Global, Jokowi Ingatkan Korpri Jangan Ketinggalan

  • Oleh
    • Dedy Priatmojo,
    • Agus Rahmat
Persaingan Global, Jokowi Ingatkan Korpri Jangan Ketinggalan
Photo :
  • Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo di hari korpri

VIVA – Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam upacara HUT Korpri ke-46 di silang Monas, Jakarta, Rabu 29 November 2017.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menekankan masalah persaingan. Dimana, saat ini persaingan global sangat terbuka.

Jokowi mengatakan, era persaingan terbuka saat ini memiliki banyak tantangan yang perlu hadapi. Menurutnya, inovasi dan perkembangan teknologi global tidak hanya membawa kemudahan, tetapi mampu mengubah lanskap ekonomi, kehidupan sosial politik, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Dunia swasta telah menyadari hal tersebut, dan mulai berlari dengan sangat cepat. Kita, aparatur sipil negara harus mampu mengejar ketertinggalan dalam memberikan pelayanan kepada publik yang tuntutannya semakin tinggi," kata Jokowi.

Maka ia meminta, Korpri harus memahami itu semua. Karena kompetisi dipenuhi dengan ketidakpastian. Jokowi mengatakan, tidak ada pilihan lain kecuali menuntaskan program pembangunan nasional melalui inovasi yang berlandaskan pada moralitas publik yang berdasar Pancasila.

"Setiap anggota Korpri harus terus memperbaiki diri, tinggalkan cara-cara rutin, dan perkuat semangat debirokratisasi," kata mantan gubernur DKI itu.

Aparat negara juga tidak boleh hanya mengandalkan rutinitas. Jokowi minta Korpri selalu berinovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

"Jangan pernah berhenti berinovasi, manfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan terobosan layanan publik yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.” (mus)