Persaingan Global, Jokowi Ingatkan Korpri Jangan Ketinggalan

Presiden Joko Widodo di hari korpri
Sumber :
  • Biro Pers Setpres

VIVA – Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam upacara HUT Korpri ke-46 di silang Monas, Jakarta, Rabu 29 November 2017.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menekankan masalah persaingan. Dimana, saat ini persaingan global sangat terbuka.

Jokowi mengatakan, era persaingan terbuka saat ini memiliki banyak tantangan yang perlu hadapi. Menurutnya, inovasi dan perkembangan teknologi global tidak hanya membawa kemudahan, tetapi mampu mengubah lanskap ekonomi, kehidupan sosial politik, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Dunia swasta telah menyadari hal tersebut, dan mulai berlari dengan sangat cepat. Kita, aparatur sipil negara harus mampu mengejar ketertinggalan dalam memberikan pelayanan kepada publik yang tuntutannya semakin tinggi," kata Jokowi.

Maka ia meminta, Korpri harus memahami itu semua. Karena kompetisi dipenuhi dengan ketidakpastian. Jokowi mengatakan, tidak ada pilihan lain kecuali menuntaskan program pembangunan nasional melalui inovasi yang berlandaskan pada moralitas publik yang berdasar Pancasila.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Setiap anggota Korpri harus terus memperbaiki diri, tinggalkan cara-cara rutin, dan perkuat semangat debirokratisasi," kata mantan gubernur DKI itu.

Aparat negara juga tidak boleh hanya mengandalkan rutinitas. Jokowi minta Korpri selalu berinovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

"Jangan pernah berhenti berinovasi, manfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan terobosan layanan publik yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.” (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya