Serang Petugas, Napi Nusakambangan Dipindah ke Sel Khusus

Petugas Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

VIVA – Seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah, dipindahkan ke sel khusus dengan sistem pengamanan superketat atau maximum security gara-gara menyerang petugas pada Minggu lalu. Napi itu bernama Fajar alias Tata.

4 Napi yang Pernah Kabur dari Nusakambangan, Ada 'Robin Hood'

Pemindahan napi yang menghuni sel blok C di Lapas Kembang Kuning itu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian serupa di dalam Lapas.

"Pelaku penyerangan terhadap petugas magang di Lapas harus ditindak tegas. Dia akan kita pindahkan ke lapas extra maximum di Lapas Pasir Putih," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah dan Yogyakarta, Ibnu Chuldun, pada Rabu, 29 November 2017.

Kerusuhan di Rutan Bima, Belasan Napi Kabur

Tata sebelumnya menyerang seorang petugas magang di Lapas Kembang Kuning bernama Ardi. Dia menyerang karena tersinggung setelah diperingatkan gara-gara kepergok membawa telepon genggam di dalam selnya. Ardi mengalami luka tusuk dan robek pada bagian tangan dan lengan kirinya dan masih dirawat di klinik sekitar Nusakambangan.

Setelah kejadian penusukan itu, Polres Cilacap langsung menangkap dan menahan Tata untuk diperiksa. Seusai pemeriksaan, Tata ditempatkan di sel khusus di kompleks Lapas Pasir Putih.

Minim Bukti, Polres Gunung Kidul Setop Usut Sabu di Lapas Perempuan

Otoritas Lapas Nusakambangan juga telah memindahkan sejumlah narapidana terorisme dan nakotika yang sempat bentrok di Lapas Permisan hingga menewaskan seorang napi. Pelaku juga mendekam di lapas dengan pengamanan maksimal itu.

"Karena ada dua kejadian penyerangan berturut-turut, maka kami saat ini semakin mempertebal penjagaan di semua lapas. Kami juga telah meminta tambahan personel dari Polres Cilacap untuk mem-back up razia-razia ponsel di semua sel tahanan," kata Ibnu. (one)

Pemusnahan Barang Sitaan di Lapas Salemba. Foto ilustrasi.

800 Telepon Genggam Disita dari Sel Napi Lapas Salemba

 Lapas Salemba Jakarta Pusat melakukan razia terhadap kepemilikan handphone kepada para warga binaan, Kamis 10 Maret 2022.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022