Siaga Bencana, Pemerintah Siapkan 278 Ribu Ton Beras

Transaksi jual-beli beras di pasar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Pemerintah menyiapkan hingga 278.000 ton beras untuk disalurkan kepada para pengungsi yang terdampak bencana di seluruh wilayah Indonesia.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, pemerintah daerah menjadi pihak yang memiliki kewenangan untuk mengajukan penyaluran beras itu ke Kemensos saat masyarakat yang berada di daerahnya terkena bencana.

"Saat ini secara nasional, pemerintah punya cadangan 278.000 ton beras. Jadi untuk bisa memenuhi kebutuhan seluruh warga yang terdampak banjir, longsor, termasuk di dalamnya adalah untuk Gunung Agung, insya Allah semua dalam posisi yang tercukupi," ujar Khofifah usai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 29 November 2017.

Deretan Penerawangan 2024 Nostradamus, Salah Satunya Bencana Mengerikan

Khofifah menyampaikan, untuk pengungsi Gunung Agung, pemerintah sendiri sudah menyalurkan hingga 200 ton beras untuk seluruh pengungsi yang tersebar di sejumlah titik pengungsian. Khofifah memastikan bahwa Kemensos selalu siap memenuhi kebutuhan logistik pengungsi saat pemerintah daerah mengajukan permohonan bantuan.

"Kalau logistik yang berkaitan dengan cadangan beras pemerintah, sesungguhnya masing-masing kabupaten, kota, bisa langsung mengeluarkan permohonan untuk mengambil di divre dan sub divre (BULOG) terdekat," ujar Khofifah. (ase)

Terkuak, Begini Isi Ramalan Jayabaya Perihal Masa Depan Pulau Jawa
Jayabaya

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

Pandangan tentang masa depan Indonesia menurut ramalan-ramalan Jayabaya menarik untuk dipertimbangkan. Beberapa prediksi yang dibuatnya telah terbukti, ini deretannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024