Strategis, Silangit Potensi Jadi Bandara Hub Internasional

Bandara SIlangit Sumatera Utara
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa Widiarini

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, berbagai negara melirik Bandara Silangit di Sumatera Utara menjadi bandara hub internasional atau penguhubung menuju bandara negara-negara lain.

Demi Danau Toba, Garuda Indonesia Buka Kembali Rute Jakarta-Silangit

"Jadi ada yang berkeinginan menggunakan Silangit jadi international hub untuk beberapa jurusan. Salah satunya (negara menginginkan itu) Tiongkok, Malaysia, Singapura," kata Luhut di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 30 November 2017. 

Menurut Luhut, Bandara Silangit ini dianggap strategis sebagai penghubung antarnegara. "Jaraknya dari Silangit ke Tiongkok cuma 3,5 jam," katanya.

Bandara Silangit Dibangun Lagi Demi Tampung 1 Juta Penumpang

Permintaan dari negara-negara yang ingin menjadikan Bandara Silangit menjadi bandara penghubung  direspons positif oleh Luhut. Akan tetapi, nantinya dalam pengelolaannya tetap dilakukan pihak Indonesia. 

Pada pekan lalu, Jumat, 24 November 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Silangit, di Sumatera Utara. Bandara ini akan menopang pariwisata Danau Toba, yang merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata baru. 

Bandara Silangit Berganti Nama, Warga Tapanuli Utara Protes

Kemudian, Bandara Silangit memliki landas pacu dengan panjang 2.650 meter dan lebar 45 meter, sehingga pesawat Boeing 737 bisa mendarat. 
 

Penerbangan di Bandara Silangit

Libur Lebaran Usai, Bandara Silangit Masih Dipadati Pemudik

Penumpang pengguna jasa pesawat dari Silangit mencapai 14.000 orang.

img_title
VIVA.co.id
11 Juni 2019