Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 21:33 WIB
  • Kampanye ‘Isi Piringku’, Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia

  • Oleh
    • Ririn Aprilia
Kampanye ‘Isi Piringku’, Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia
Photo :
  • VIVA.co.id/Diza Liane
Asia Pacific Food Forum (APFF) 2017.

VIVA – “Sehat berawal dari piring makanku” itulah slogan yang sedang digiatkan oleh Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes bekerja sama dengan EAT dalam menyelenggarakan kegiatan EAT Asia Pacific Food Forum (APFF) 2017 di Jakarta. 

Hal ini didasari atas semangat Presiden RI Joko Widodo yang bercita-cita besar dalam hal ketahanan pangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia, terutama dari pemenuhan gizi anak bangsa. 

Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek menyatakan bahwa saat ini dibutuhkan perubahan mindset masyarakat untuk tidak selalu berpikir daging merah sebagai sumber protein. 

Menkes mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara kelautan yang sangat kaya akan jenis ikan yang beraneka ragam. “Seharusnya ikan jadi makanan utama bagi masyarakat kita, karena (ikan) memiliki protein tinggi bila dimasak dengan benar”, tutur Menkes dalam salah satu rangkaian kegiatan Festival Ikan dan Lomba Masak Ikan Nusantara “Menuju Istana” yang bertempat di Kantor Staf Presiden di Jakarta Pusat, Senin siang, 3 Juni 2017 lalu. 

Setelah pidato Menkes pada acara tersebut, Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, akhirnya meresmikan kampanye gerakan Indonesia Sehat ini pada hari Jumat, Jumat, 24 November 2017 di Jakarta. Gerakan ini diberi nama ‘Isi Piringku’. 

Isi Piringku merupakan gerakan makan makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Konsep “Isi Piringku” dimaksudkan sebagai pengganti slogan “4 Sehat 5 Sempurna” di masa lalu.

Pada kesempatan itu, hadir pula Sigit didampingi oleh Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera G Sugijanto dan Ketua Tim Pembina PKK DKI Jakarta Fery Farhati Ganis.  

Kampanye Peluncuran Gerakan Isi Piringku kali ini merupakan kerja sama FEMA IPB dan Danone Indonesia. FEMA IPB bekerja sama dengan Danone Indonesia berkomitmen mendorong kesadaran orang tua, khususnya para ibu, akan pentingnya mengatur pola serta porsi makanan sesuai dengan kebutuhan tiap anak. 

Rangkaian kegiatan pendukung edukasi pemenuhan gizi seimbang ini disusun dengan melibatkan para pakar dibidang nutrisi dan komunitas pemerhati yang sejalan dengan visi pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup keluarga, perempuan dan anak melalui Gerakan Isi Piringku. (webtorial)