Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 1 Desember 2017 | 06:07 WIB
  • Gelombang Tinggi, Ratusan Nelayan di Garut Enggan Melaut

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Diki Hidayat (Garut)
Gelombang Tinggi, Ratusan Nelayan di Garut Enggan Melaut
Photo :
  • VIVA/Diki Hidayat
Gelombang tinggi di pantai Garut

VIVA – Siklon Dahlia, yang akhir-akhir ini melanda Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengakibatkan gelombang tinggi dan angin kencang. Ratusan nelayan yang berada di kawasan pantai Garut Selatan pun enggan melaut.

Salah satunya di wilayah Kecamatan Cibalong Garut, di mana sekitar 60 orang nelayan sejak dua pekan terakhir ini tidak melaut. Mereka memilih berdiam diri di rumah karena ketinggian gelombang di sekitar pantai yang masuk Kecamatan Cibalong mencapai 4 meter.

"Jadi para nelayan di sini berhenti melaut karena gelombang tinggi yang mencapai 4 meter, ditambah angin sangat kencang," ujar Kapolsek Cibalong, AKP. Supian Bj, Kamis malam, 30 November 2017.

Sementara Bayu, seorang nelayan mengaku, para nelayan takut melaut karena tingginya gelombang. Awalnya ketinggian gelombang hanya mencapai 2 meter, namun sekarang rata-rata 4 meter.

"Kadang-kadang hingga mencapai tujuh meter," ujarnya.

Sobri, nelayan asal Kecamatan Cikelet juga terpaksa berhenti melaut. Akibat siklon Dahlia ini, para nelayan di Garut kehilangan penghasilan dari melaut.

Untuk menutupi kebutuhan sehari-hari, Sobri menjual ikan hias dan siput (mata lembu). "Yah, kalau saya kan masih ada stok ikan hias, kemudian siput dan lainnya. Tapi kalau terlalu lama tak melaut, repot juga," kata dia.

Kendati demikian, ada beberapa nelayan yang tetap memaksakan diri untuk melaut. "Ada juga nelayan yang bandel. Mereka tetap melaut walaupun kondisi gelombang berbahaya," lanjut Sobri. (ren)