Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 1 Desember 2017 | 10:34 WIB
  • Gelombang Hingga 6 Meter, Ini Daerah Terdampak Siklon Dahlia

  • Oleh
    • Eko Priliawito
Gelombang Hingga 6 Meter, Ini Daerah Terdampak Siklon Dahlia
Photo :
  • VIVA/bmkg.go.id
Kemunculan Siklon Dahlia

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat Siklon Dahlia sudah berada di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah, pada Jumat, 1 Desember 2017. Pada pukul 07.00 WIB,  Siklon Dahlia berada di sekitar 305 km sebelah selatan barat daya Cilacap.

Arah dan kecepatan gerak dari timur tenggara dengan kecepatan 15 knots atau 27 km per jam. Siklon Dahlia terpantau bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Tapi dari perkiraan selama 24 jam, atau pada Sabtu 2 Desember 2017, akan berada di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah, sekitar sekitar 450 km sebelah selatan Cilacap. Arah dan kecepatan gerak selatan tengara, dengan kecepatan 9 km per jam. Tekanan terendah dapat mencapai 985 mb dengan kekuatan 100 km per jam atau 55 knots.

Dengan kemunculan Siklon Dahlia dalam dua hari ini, akan sangat berdampak di wilayah Indonesia. Akan terjadi hujan sedang hingga lebat di Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Angin akan bertiup kencang diperkirakan mencapai 20 knot di Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat.

Siklon Dahlia menyebabkan gelombang laut dengan ketinggian 2,5 meter sampai 4 meter di Selat Sunda bagian selatan, Laut Jawa bagian tengah, Perairan utara Jawa Tengah, Perairan selatan Jawa Timur hingga Lombok, Selat Bali, Selat Lombok, dan Selat Alas bagian selatan.

Gelombang laut dengan tinggi 4 meter sampai 6 meter di Perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, Samudera Hindia selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur. (ren)