Gelombang Hingga 6 Meter, Ini Daerah Terdampak Siklon Dahlia

Kemunculan Siklon Dahlia
Sumber :
  • VIVA/bmkg.go.id

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat Siklon Dahlia sudah berada di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah, pada Jumat, 1 Desember 2017. Pada pukul 07.00 WIB,  Siklon Dahlia berada di sekitar 305 km sebelah selatan barat daya Cilacap.

BMKG: Hujan Es Berpotensi Terjadi hingga Maret dan April 2022

Arah dan kecepatan gerak dari timur tenggara dengan kecepatan 15 knots atau 27 km per jam. Siklon Dahlia terpantau bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Tapi dari perkiraan selama 24 jam, atau pada Sabtu 2 Desember 2017, akan berada di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah, sekitar sekitar 450 km sebelah selatan Cilacap. Arah dan kecepatan gerak selatan tengara, dengan kecepatan 9 km per jam. Tekanan terendah dapat mencapai 985 mb dengan kekuatan 100 km per jam atau 55 knots.

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Sebagian Indonesia Sepekan ke Depan

Dengan kemunculan Siklon Dahlia dalam dua hari ini, akan sangat berdampak di wilayah Indonesia. Akan terjadi hujan sedang hingga lebat di Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Angin akan bertiup kencang diperkirakan mencapai 20 knot di Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat.

Hujan Deras Landa Kota Malang, 6 Pohon Tumbang Satu Menimpa Mobil

Siklon Dahlia menyebabkan gelombang laut dengan ketinggian 2,5 meter sampai 4 meter di Selat Sunda bagian selatan, Laut Jawa bagian tengah, Perairan utara Jawa Tengah, Perairan selatan Jawa Timur hingga Lombok, Selat Bali, Selat Lombok, dan Selat Alas bagian selatan.

Gelombang laut dengan tinggi 4 meter sampai 6 meter di Perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, Samudera Hindia selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur. (ren)

Ilustrasi hujan lebat

Waspada, Hujan Lebat dan Petir Terjadi di Sejumlah Daerah Indonesia

Sejumlah daerah itu mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Lampung, hingga Sumatera Barat.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022