Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 1 Desember 2017 | 14:25 WIB
  • Dari Solo, Ribuan Orang ke Jakarta Ikut Aksi Reuni 212

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Fajar Sodiq (Solo)
Dari Solo, Ribuan Orang ke Jakarta Ikut Aksi Reuni 212
Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq
Ribuan peserta reuni 212 berangkat dari Solo.

VIVA – Ribuan orang berangkat dari Solo menuju Jakarta untuk ikut aksi reuni 212 yang digelar pada Sabtu, 2 Desember 2017. Massa yang akan ikut serta aksi 212 ini berasal dari berbagai elemen yang tergabung dalam Dewan Kota Surakarta.

Pantauan VIVA, para peserta ini tampak berkumpul di kawasan SPBU Jongke, Pajang, Solo. Setelah semua peserta kumpul, selanjutnya masuk ke bus sesuai dengan rombongannya masing-masing.

Sekjen Laskar Umat Islam Surakarta, Yusuf Suparno, mengatakan jumlah peserta yang ikut dalam Reuni 212 di Jakarta mencapai ribuan orang. Mereka tidak hanya dari Solo, tetapi dari berbagai daerah di sekitar Kota Surakarta.

“Kalau dari Solo sekitar 23 bus, namun kalu jumlah semua peserta dari Solo raya sekitar 50 bus. Total peserta yang berangkat dari Solo sekitar 2.500 orang,” kata Yusuf di Solo, Jumat 1 Desember 2017.

Rencananya, rombongan peserta dari Solo akan tiba di Jakarta pada Sabtu dini hari. Selanjutnya, mereka akan transit dan istirahat sebentar di Masjid Said Naum yang lokasinya tak jauh dari pusat aksi di Monas.

“Jarak masjid dengan Monas sekitar 3 kilometer. Nantinya para peserta aksi akan mengikuti doa dan zikir bersama setelah itu berjalan ke Monas,” ujarnya.

Dia menekankan kedatangan rombongan peserta aksi dari Solo atas undangan dari panitia Presidium Reuni 212. “Jadi kedatangan kami ke Jakarta atas undangan dan permintaan panitia untuk ikut bergabung dalam aksi itu,” jelasnya. (ren)