Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 1 Desember 2017 | 16:03 WIB
  • Airnav Pastikan Bandara Lombok Kondusif dan Beroperasi

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Yasir (Makassar)
Airnav Pastikan Bandara Lombok Kondusif dan Beroperasi
Photo :
  • Antara/ Budi Afandi
Bandara Internasional Lombok

VIVA – General Manager AirNav Indonesia Cabang Utama Makassar Air Traffic Service Center (MATSC), Novy Pantaryanto, menganggapi pemberitaan yang menyatakan Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat kembali ditutup pada Jumat 1 Desember 2017.

Baca: Bandara Lombok Kembali Ditutup

Ia menegaskan, kondisi Bandara Lombok tetap buka dan aman beroperasi. Diberitakan sebelumnya, Public Relation Manager Angkasa Pura II, Yado Yarismano mengatakan bahwa ada 20 penerbangan dari Soekarno Hatta, Jakarta menuju Lombok yang dibatalkan.

Informasi penutupan itu, menurut Yado, merujuk pada Notice to Airmen (NOTAM) nomor B9033/17.

"Memang sempat dibuka, tapi info terbaru pukul 11.00 WIB ditutup kembali untuk kenyamanan penerbangan. Mengingat, Bandara Lombok masih terdampak abu vulkanik," ungkap Yado.

Sementara, Novy memastikan bahwa NOTAM B9033 sudah tidak berlaku, karena telah ada NOTAM terbaru yang dikeluarkan pada Senin pagi.

"NOTAM 9033 itu sudah tidak berlaku lagi, karena NOTAM terakhir itu 9077, yang menyatakan Bandara Lombok aman sejak pagi tadi, pukul 08.50 Wita," jelasnya kepada VIVA

Hingga saat ini, kata Novy, belum ada perkembangan terbaru terkait kondisi Bandara Lombok. Berdasarkan koordinasi otoritas bandara dan AirNav Makassar, Bandara Lombok saat ini telah kondusif. 

"Kasihan kalau beritanya simpang siur begini. Soalnya, setiap informasi cukup berdampak bagi penerbangan. Sudah normal beroperasi sejak pagi tadi hingga saat ini," tuturnya.