Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 1 Desember 2017 | 19:44 WIB
  • Bencana Merebak, Media Sosial Heboh Migrasi Burung Laut

  • Oleh
    • Harry Siswoyo
Bencana Merebak, Media Sosial Heboh Migrasi Burung Laut
Photo :
  • VIVA.co.id/Facebook
Gambar burung laut yang menepi di sebuah pantai Uni Emirat Arab yang menjadi viral di jejaring sosial.

VIVA – Beberapa hari terakhir di sejumlah linimassa media sosial marak beredar video ribuan burung hitam sedang mendarat di tepi pantai.

Beberapa pengguna jejaring sosial yang menampilkan video dan foto ribuan burung ini pun menuliskan sejumlah catatan kaki yang cukup mengejutkan.

"Ya allah pertanda apa ini," tulis seorang pengguna jejaring sosial, dikutip Jumat, 1 Desember 2017.

"Ini seolah-olah memberi pertanda sesuatu yang buruk akan berlaku di dunia. Lindungi kami," tulis pengguna jejaring sosial lainnya.

Penelusuran VIVA, penyebaran video dan foto burung-burung berwarna hitam ini cukup masif di media sosial. Tak diketahui persis siapa yang mengunggah ini pertama kali, namun kemunculan video dan foto-foto ini sepertinya seiring dengan kemunculan banyaknya bencana alam di tanah air.

"Menurut kode, Ini akn terjadi bencana besar,,, hewan yg lebih tau duluan apa yg akan terjadi, hanya allah yg berkendak...." tulis akun bernama Linda Lestary.

"Kmrin ikan....hujan yg lama berhenti....angin topan....sekarang burung....subhanalloh....laa haula wa laa quwata illa billah," tambah akun lainnya.

Dari foto dan video yang beredar, burung-burung berwarna hitam ini dituliskan berada di Pantai Ras Alkhaima, Uni Emirat Arab. Jumlahnya ada yang menuliskan ribuan namun juga ada yang menyebutkan burung-burung ini berjumlah jutaan.

Kabar Hoaks

Namun demikian, sejak foto dan video burung-burung hitam menjadi perbincangan pengguna jejaring sosial. Ternyata sesungguhnya informasi ini bukan lah hal yang baru.

Penelusuran VIVA, foto dan video ini telah ada sejak tahun 2016 dan menjadi viral. Burung-burung itu memang diketahui berada di tepian pantai Ras Al Khaimah di Pulau Al Murjan, Uni Emirat Arab.

Namun demikian, seperti pernah dilansir dalam khallejtimes.com, sebuah media lokal yang terbit di Uni Emirat Arab, burung-burung yang diketahui bernama Lawa itu ternyata sedang bermigrasi.

"Burung-burung itu sedang mencari suhu yang lebih hangat. Aktivitas itu dilakukan mereka setiap tahun," kata Saif Alghais, Direktur Pengelola kawasan Pantai Ras Alkhaimah seperti dikutip khallejtimes.com.

Burung Lawa diketahui merupakan burung Laut jenis Cormorant yang memang ada di perairan pantai Ras Al Khaima setiap musim dingin untuk melakukan migrasi ke daerah yang lebih hangat.