PVMBG: Suplai Magma Gunung Agung Masih Berlangsung

Gunung Agung mengeluarkan asap tipis, seperti yang terlihat dari pos pengamatan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana menjelaskan, aktivitas vulkanik Gunung Agung masih ditandai dengan terekamnya gempa-gempa vulkanik. Pengamatan hingga pukul 18.00 WITA Jumat malam, terekam 15 kali gempa vulkanik.

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

Yang tak biasa adalah terekamnya gempa low frequency sebanyak 18 kali. Terekam pula tremor dengan skala besar yang berlangsung hingga 34 menit dengan amplitudo maksimum 23 mm atau 1 mm di bawah overscale.

"Gempa low frequency ini adalah gempa yang merefleksikan aliran fluida magmatik menuju ke permukaan. Jadi, ini merupakan suplai. Artinya, masih ada suplai dari dalam menuju permukaan," kata Devy di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Sabtu 2 Desember 2017.

Lereng Gunung Agung Kebakaran

Saat ini, Devy melanjutkan, lava belum memenuhi lantai kawah gunung setinggi 3.142 mdpl. Jika diukur mulai volume kosong, kawah Gunung Agung bisa mampu menampung 60 juta meter kubik. "Saat ini lava yang mengisi lantai kawah Gunung Agung sekitar 20 juta meter kubik atau masih sepertiganya," ujarnya.

Jumlah itu masih belum melebihi dari puncak atau bibir kawah.

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

"Kita masih lihat ke depan aktivitasnya seperti apa, apakah efusi ini masih terus berlangsung atau tidak," tutur dia.

Devy memperkirakan berdasarkan pemantauan citra satelit tiap detik terdapat 36 meter kubik per detik pertumbuhan lava di kawah Gunung Agung.

"Kita masih menunggu dari hasil perekaman satelit terbaru. Kalau ada, kita bisa kalibrasi ulang, karena pertumbuhan ini kan sifatnya tidak linear. Jadi, mungkin saja dia mengalami perlambatan atau berhenti atau tetap," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya