Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 3 Desember 2017 | 06:00 WIB
  • Maulid Nabi, 300 Kiai Muda Bahas Generasi Zaman Now

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Maulid Nabi, 300 Kiai Muda Bahas Generasi Zaman Now
Photo :
  • ANTARA FOTO/Rahmad
Peringatan Maulid Nabi 2016

VIVA – Menyesuaikan dengan era digital dan media sosial, ratusan kiai muda berkumpul di Kabupaten Semarang mendiskusikan bagaimana menaklukkan dan berdakwah untuk generasi milenial.

Strategi dakwah tersebut dibahas bersamaan dengan tabligh akbar merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Wali di Desa Candi Rejo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu 2 Desember 2017.

Ponpes tersebut bekerja sama dengan 300 kiai dari Forum Silaturrahim Kiai Muda Se-Jawa Tengah menggelar tabligh akbar Multaqa Kebangsaan. Acara ini mengusung tema meneguhkan semangat Ukhuwah Islamiyah, Wathaniyah, Basyariyah untuk keutuhan NKRI.

Selain diisi siraman rohani dari KH Maimun Zubair, ulama Suriah Syaikh Umar Muhammad Rojab Dieb dan ulama Damaskus Syaikh Mahmud Syahadah,  juga digelar ngaji jurnalistik, strategi dan teknik dakwah di era digital dan media sosial untuk generasi milenial.

Dalam era digital, kiai muda dipandang wajib melek terhadap media sosial. Namun nyatanya, sejauh ini kiai muda, masih memiliki keterbatasan pengetahuan dalam dunia digital sehingga perlu dilakukan pelatihan.

Forum kiai muda itu mendorong perspektif kekinian, kesadaran di era milenial zaman now ini, bahwa menjadi penting memanfaatkan media sosial dan internet sebagai sarana dakwah dan mengubah imej pondok pesantren sebagai sarang teroris.

tvOne/Aditya Batu, Kabupaten Semarang