Jelang Pensiun, Jenderal Gatot Diminta Tak Mutasi Anak Buah

Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta/File Photo

VIVA – Dewan Perwakilan Rakyat kembali menggelar sidang paripurna pada Selasa 5 Desember 2017. Sidang ini akan membacakan sejumlah surat penting yang masuk ke DPR, salah satunya surat pergantian Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Berdasarkan prosedur yang berlaku, Komisi I yang akan bertugas melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon panglima baru yang direkomendasikan Presiden Joko Widodo, yaitu Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Konsekuensi logisnya, maka calon Panglima TNI harus segera menyiapkan diri untuk mengikuti uji kelayakan yang akan dilaksanakan di Komisi I DPR," kata Wakil Ketua Komisi I, Tubagus Hasanuddin, di Senayan, Selasa 5 Desember 2017.

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

Hasanuddin juga menyarankan Panglima TNI saat ini, Jenderal Gatot Nurmantyo, sudah mulai menyiapkan memo serah terima jabatan. Hal itu karena surat Presiden juga menginstruksikan pemberhentian secara hormat atas Jenderal Gatot dari Panglima TNI.

"Dan tidak membuat keputusan-keputusan strategis di akhir masa jabatannya, termasuk melakukan mutasi para perwira tingginya. Mutasi para perwira tinggi sebaiknya dilakukan oleh panglima baru agar suasana kondusif akan lebih tercipta," kata Hasanuddin, mantan perwira tinggi TNI yang kini jadi politisi PDIP.

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

Sebelumnya, surat pergantian Panglima TNI dari Presiden Jokowi telah disampaikan Mensesneg ke Pimpinan DPR pada Senin kemarin. Selanjutnya, calon Panglima akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR. (ren)

VIVA Militer: Panglima TNI pimpin Sertijab Pangkogabwilhan II

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Marsda TNI M. Khairil Lubis dilantik menggantikan Marsekal TNI Tonny Harjono yang saat ini menjabat KSAU

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024