Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 11:02 WIB
  • Tito Minta Polairud Kreatif Bantu Pelayanan Pulau Terluar

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Irwandi Arsyad
Tito Minta Polairud Kreatif Bantu Pelayanan Pulau Terluar
Photo :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

VIVA – Korps Polisi Perairan dan Udara (Polairud) menggelar upacara peringatan ke-67 di lapangan Markas Komando Direktorat Poludara Korps Polairud Baharkam Polri, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa 5 Desember 2017. Upacara dipimpin Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Dalam amanatnya, Tito ingin seluruh jajaran Polairud meningkatkan kinerja dalam memelihara keamanan perairan, udara serta kedaulatan Indonesia. Upaya ini mengingat ada beberapa agenda penting nasional dan internasional yang akan dihelat pada tahun depan seperti pemilihan kepala daerah serentak dan Asian Games hingga pertemuan Tahunan 2018 International Monetary Fund (IMF).

"Untuk itu, cermati betul, tahun 2018 ini apa program pemerintah. Polairud saya minta membuat rumusan yang harus dikerjakan riil di lapangan dan dapat dirasakan masyarakat, dan pemerintah merasakan Polairud mendukung," kata Tito dalam keterangannya.

Tito juga mengingatkan agar Polairud selalu meningkatkan kemampuan melalui pendidikan dan pelatihan. Bagi dia, peningkatan kemampuan ini penting untuk menghadapi tugas yang semakin berat.

"Ikuti perkembangan yang ada dan kemudian nanti latihan disesuaikan. Tingkatkan kinerja secara sinergis dengan pemerintah daerah, TNI, instansi terkait, dan seluruh masyarakat. Kita tidak bisa bekerja sendiri," tutur mantan kapolda Metro Jaya tersebut

Kemudian, Tito menambahkan agar seluruh anggota Polairud terus memacu kreativitas melalui terobosan-terobosan yang inovatif. Terobosan ini dalam pelayanan kepada masyarakat perairan dan pulau terluar.

Selain itu, Polairud diminta aktif dalam operasi kemanusiaan dan bisa membantu korban bencana alam yang banyak terjadi saat ini. "Ini lah harapan saya," ujarnya.

Dalam upacara ini, pejabat Polri lain tampak hadir seperti di antaranya Kabaharkam Polri Komjen Moechgiyarto, Asisten Operasi Kapolri Irjen Muhammad Iriawan, dan Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. Momentum upacara ini juga dimanfaatkan kapolri dengan menyerahkan dua helikopter jenis bell 429 IGW dari PT Multi Pacific California untuk menambah kekuatan polisi udara.

Kapolri Jenderal Tito pimpin upacara parade peringatan ke-67 Korps Polairud.

Foto: Kapolri Tito Karnavian pimpin upacara HUT ke-67 Polairud. VIVA/Irwandi Arsyad.