Jenderal Gatot Nurmantyo Siap Terjun ke Dunia Politik

Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta/File Photo

VIVA – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan pensiun pada 1 Maret 2018. Sebelum Jenderal Gatot benar-benar pensiun sebagai prajurit, Presiden Jokowi sudah menyiapkan penggantinya, yakni Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto.

Di Hadapan Ratusan Prajurit Matra Udara, Panglima TNI Lantik Marsekal Tonny Jadi KSAU

Meski akan purna tugas, Jenderal Gatot menegaskan tetap akan berbakti untuk bangsa dan negara melalui jalur lain. Termasuk jalur politik, ia tidak menampiknya.

"Apa pun yang diminta negara, apa pun saya berikan. Tidak akan saya menghindari itu," ujar Jenderal Gatot, di Istana Bogor, Selasa, 5 Desember 2017.

Operasi Ketupat 2024 Dimulai Besok, 155.165 Personel Gabungan Diterjunkan

Dalam berbagai survei calon pemimpin 2019, nama Gatot selalu masuk dan disebut. Namun ia tidak ingin berandai untuk 2019 seperti apa. Tapi, seandainya mendapat tugas yang dimintakan ke dirinya, mantan KSAD itu menegaskan siap melaksanakannya.

"Saya sebagai prajurit, walaupun pensiun manakala negara memanggil untuk mengabdi sekecil apa pun, saya siap mengabdi," ujar Gatot.

Panglima TNI Pastikan Tak Akan Relokasi Gudmurah Kodam Jaya yang Meledak

Gatot mengatakan, saat ini secara de facto dan de jure, ia masih menjadi Panglima TNI. Namun ia juga harus menyiapkan pergantian nantinya kalau dalam waktu dekat DPR langsung menyetujui.

"Masih punya kesempatan untuk menyiapkan sehingga pada saat pergantian berjalan mulus semuanya karena itu yang harus dilakukan," jelas Gatot. (ase)

VIVA Militer: Waasintel Kasad Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva

Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya

Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva dipercaya menggantikan Brigjen TNI Aminton Manurung

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024