Pengamanan Natal, Kapolri Kumpulkan Seluruh Kapolda Besok

Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat mengunjungi Polda Maluku, Ambon
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan

VIVA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan Polri siap mengamankan libur panjang perayaan Natal 2017 dan perayaan tahun baru 2018. Perayaan Natal tahun ini jatuh pada hari Senin-Selasa 25-26 Desember 2017. Kapolri akan mengumpulkan seluruh Kapolda terkait persiapan pengamanan ini.

Jalur Puncak Bogor Padat Merayap Diserbu Wisatawan Jelang Libur Natal

"Nanti hari Rabu, kami sudah memiliki konsep pengamanan. Saya mengumpulkan seluruh Kapolda dan pejabat utama dalam rangka mematangkan konsep operasi ini," kata Tito usai upacara HUT ke-67 Polairud di lapangan Udara Polisi Udara, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Selasa 5 Desember 2017.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengatakan, dari intelijen akan menyampaikan perkiraan keadaan dan potensi ancaman apa saja yang perlu dilakukan langkah antisipasi.

Kota Bekasi Berlakukan Tiga Titik Penyekatan Selama Libur Nataru

Disamping itu, Tito memprediksi ada lonjakan arus mudik selama musim libur Natal dan Tahun Baru. Sebab, Natal yang jatuh di hari Senin, memungkinkan masyarakat untuk mengambil cuti panjang hingga Tahun Baru. "Otomatis ini akan terjadi migrasi, tapi enggak sebesar lebaran. Tapi ini harus kita tangani," ujar Tito.

Sejumlah hal utama yang dilakukan antisipasi, pengaturan dan pengamanan yakni terkait dengan arus lalu lintas. Lalu, antisipasi kejahatan aksi terorisme dan pengendalian harga bahan pokok. Tito menyadari saat hari raya keagamaan dan musim liburan panjang, otomatis kebutuhan barang pokok naik.

Libur Natal dan Tahun Baru, Mobil Ini Dilarang Lewat Jalan Tol

"Oleh karena itu ada satgas pangan Pak Kadiv Humas sudah melakukan koordinasi dalam menjaga stabilitas pangan. Kemudian Kakorlantas sendiri sudah berkoordinasi dengan jajaran, Menteri Perhubungan, Menteri PUPR dalam rangka mengantisipasi arus mudik, arus balik," ujarnya.

Tito menambahkan, untuk penanganan dan antisipasi tindakan kejahatan secara keseluruhan, sudah disiapkan oleh Asisten Operasi Kapolri. "Kemudian setiap Polda juga saya perintahkan nanti hari Rabu untuk membuat rencana operasi yang betul-betul matang. Perkiraan pengamanan dan operasi yang betul-betul matang," ujarnya.

Penumpang KAI

KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Pada periode libur Natal yakni 24-26 Desember 2021, PT KAI melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2021