Ciptakan Indonesia Bersih Bebas Sampah Lewat Bank Sampah

Ilustrasi/Aktivitas bank sampah yang ada di beberapa kota di Indonesia
Sumber :
  • Antara/Yusran Uccang

VIVA – Jakarta sebagai ibu kota Indonesia, rupanya masih memiliki masalah pelik seputar lingkungan. Masalah pelik seputar lingkungan ini salah satunya, yaitu mengurangi banyaknya sampah yang berserakan tidak teratur.

Kemenko PMK: Perusahaan Wajib Sejahterakan Masyarakat, Jangan Hanya Ambil Untung

Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dipelopori oleh Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), salah satunya, yaitu menciptakan Indonesia Bersih.

Tujuan dari penanaman nilai Revolusi Mental ini, yaitu mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut serta menciptakan Indonesia yang lebih baik. Salah satu upaya untuk menciptakan Indonesia Bersih yaitu mengurangi sampah di Jakarta.

Kemenko PMK Usul 5 Provinsi Baru Masuk Prioritas Penanganan Stunting

Upaya tersebut dilakukan dengan inisiatif menciptakan Bank Sampah. Gagasan yang diadopsi oleh Yayasan Unilever Indonesia sejak tahun 2008 itu, kini telah melahirkan 2.237 Bank Sampah di seluruh Indonesia.

Jumlah bank sampah tersebut sudah membantu mengurangi 4.787 ton beban sampah ke Tempat Pembuangan Akhir pada 2017. Untuk di Jakarta sendiri, total ada 290 Bank Sampah dengan total sampah yang dikelola sebesar 582 ton pada 2017.

Pemerintah Segera Buka Lumbung Pangan Atasi Kelaparan di Papua Tengah, Dijaga Tentara

Menurut Head of Environment and Sustainability Yayasan Unilever Indonesia Maya Tamimi, dibutuhkan upaya berkesinambungan dalam mengelola sampah yang melibatkan seluruh pihak. Unilever sendiri ke depannya akan berupaya untuk menekan produksi sampah yang tidak bisa didaur ulang.

"Sampah plastik masih menjadi problem utama. Komitmen kami semua hasil produksi plastik dari produk kami (Unilever) sebelum 2025 akan bisa didaur ulang," kata Maya.

Sementara untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat dan pengelola bank sampah se-Jabodetabek yang telah membantu pemeliharaan lingkungan, Unilever Indonesia menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam menggelar Apresiasi Program "Jakarta Green and Clean 2017" yang dilakukan di 18 kota di Indonesia.

"Pengelolaan sampah adalah kegiatan wajib, di pemerintahan kami dari DLH diwajibkan menurunkan volume sampah yang akan diolah TPA Bantargerbang untuk DKI," ucap Sekretaris DLH Provinsi DKI, Yusiono A Supalaldi.

"Untuk bisa meningkatkan pengurangan salah satunya melalui bank sampah. Mereka (bank sampah) ini penting dan berperan langsung dalam memberikan efek pengurangan sampah," kata Yusiono.(Webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya