Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 6 Desember 2017 | 06:32 WIB
  • Amanat Ayah untuk Hadi Tjahjanto Calon Panglima TNI

  • Oleh
    • Siti Ruqoyah,
    • Lucky Aditya (Malang)
Amanat Ayah untuk Hadi Tjahjanto Calon Panglima TNI
Photo :
  • VIVA.co.id/Twitter @_TNIAU
KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang kini menjadi calon tunggal Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo yang memasuki usia pensiun.

VIVA – Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto resmi diusulkan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Marsekal Hadi Tjahjanto ternyata akrab dengan dunia militer sejak kecil.

Bambang Sudarto (82 tahun), ayah dari Marsekal Hadi Tjahjanto merupakan purnawirawan TNI AU. Pangkat terakhir ayah Marsekal Hadi Tjahjanto adalah Sersan Mayor. Ayahnya pernah bertugas di Depo Satuan Pemeliharan 32, Landasan Udara Abdurahman Saleh.

"Saya pensiun tahun 1984. Saat itu putra saya, (Marsekal Hadi Tjahjanto) masuk taruna. Selesai taruna tahun 1986," kata Purnawirawan TNI, Bambang Sudarto, di Malang, Selasa, 5 Desember 2017.

Hadi merupakan putra pertama dari Purnawirawan TNI Bambang Sudarto. Hadi lahir pada 8, November 1963. Marsekal Hadi Tjahjanto memiliki dua saudara perempuan dan dua saudara laki-laki.

"Sejak kecil memang ada di lingkungan militer. Dia (Hadi Tjahjanto) lahir di Paskhas, di Rumah Sakit, Lanud Abdulrahman Saleh," ujar Bambang.

Bambang menceritakan, sejak kecil Hadi sudah ingin masuk tentara. Sebagai orangtua, Bambang selalu berpesan jangan terlalu berlebihan jika mengejar sesuatu. Sebab, jika tidak tersampai akan menjadi beban.

"Dari kecil ingin masuk tentara, sebagai orangtua saya kasih tahu jangan terlalu ngoyoh, nanti kalau tidak tercapai bisa stres. Pertama daftar tentara saya kasih tahu, kalau menjadi taruna jangan cari nomor satu, yang penting lulus. Saya ingatkan untuk merendah, dia orangnya sederhana. Saya minta sederhana yang penting ada bukti," ucap Bambang.

Ayah Marsekal Hadi Tjahjanto, Purnawirawan TNI, Bambang Sudarto menunjukan foto

Marsekal Hadi Tjahjanto bukanlah orang baru di Istana. Pria kelahiran Malang, Jawa Timur, itu sempat menjadi Sekretaris Militer (Sesmil) Presiden Joko Widodo. Ia diangkat pada Juli 2015.

Pada November 2016, Hadi dipercaya menjadi Irjen Kementerian Pertahanan. Sebelum akhirnya diangkat menjadi KSAU hingga saat ini.