Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 16:10 WIB
  • Ombudsman Sebut Pelayanan Kemenhan Terburuk di Tahun 2017

  • Oleh
    • Dedy Priatmojo,
    • Syaefullah
Ombudsman Sebut Pelayanan Kemenhan Terburuk di Tahun 2017
Photo :
  • Setkab.go.id
Kementerian Pertahanan RI

VIVA – Ombudsman RI menyatakan, Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Rymizard Riyacudu masuk dalam daftar pelayanan terburuk atau masuk zona merah tahun 2017.

Dalam penelitiannya, zona merah merujuk pada pelayanan terburuk, warna kuning pelayanan sedang dan warna hijau pelayanan baik. "Saya duga begini, attitude melayani, di sana attitude tentara ya," kata Komisioner Ombudsman RI, Adrianus Meliala di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2017.

Bahkan, ketika anggota Ombudsman melakukan peninjauan di kantor Kemenhan didapati ketidakramahan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. "Datang ke sana seram, bukan kami dilayani malah dihardik. Itu berarti contoh bahwa itu bukan pelayanan yang baik," ujar Adrianus.

Menurut dia, Kemenhan seharusnya memberikan pelayanan terbaik, menyambut masyarakat dengan baik. "Masyarakat kan pada dasarnya minta izin untuk pengurusan bahan peledak, ya jangan dibuat takut dong," katanya.

Sementara itu, kementerian yang masuk zona hijau dengan tingkat kepatuhan tinggi ialah Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Adapun kementerian yang masuk zona kuning dalam pelayanan kepada masyarakat adalah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Keuangan.

Lalu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah, Kementerian Agama, Kementerian Agraria dan Tata Ruang BPN, Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum serta Kementerian Sosial. (mus)