Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 20:36 WIB
  • KPK Tolak Sejumlah Kolega Setya Novanto yang Mau Jenguk

  • Oleh
    • Beno Junianto,
    • Edwin Firdaus
KPK Tolak Sejumlah Kolega Setya Novanto yang Mau Jenguk
Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A
Ketua DPR Setya Novanto jadi tahanan KPK.

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi menolak sejumlah politikus dari Partai Golkar dan anggota DPR yang hendak menjenguk Ketua DPR, Setya Novanto, di Rumah Tahanan KPK. Penolakan ini dilakukan penyidik demi kelancaran penanganan kasus korupsi proyek e-KTP, yang menjerat Novanto sebagai tersangka.

"Pokoknya demi proses kelancaran proses penanganan perkara. Secara umum begitu. Untuk detailnya tidak bisa disampaikan saat ini," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, di kantornya, Selasa 5 Desember 2017.

Priharsa menjelaskan, nama-nama kader Golkar maupun anggota DPR yang telah diajukan Kuasa Hukum Novanto telah ditolak penyidik KPK. Namun, Priharsa mengaku tak mendapat nama-nama para pihak yang ingin membesuk Ketua Umum Partai Golkar itu.

"Kan ada pertimbangan penyidik. Siapa-siapa saja yang dapat jenguk. Sampai saat ini ada permohonan masuk dan ditolak," kata Priharsa.

Sebelumnya kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi menyatakan penyidik KPK belum memberikan izin kepada kolega Setya Novanto, baik di partai maupun di DPR untuk menjenguk kliennya.

Menurut Fredrich, dirinya sudah mengajukan nama-nama Kader Golkar yang ingin bertemu dengan Novanto kepada penyidik KPK sejak 23 November 2017 lalu.

Sejauh ini, kata Dia, baru keluarga dan tim Kuasa Hukum yang diperkenankan menjenguk tersangka korupsi proyek pengadaan e-KTP itu. Novanto sendiri sudah dua pekan meringkuk di Rutan KPK bersama sejumlah tersangka lain.

Kini, penyidik KPK sedang berupaya merampungkan berkas penyidikan Novanto agar segera bisa diadili. (ren)