Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 6 Desember 2017 | 10:22 WIB
  • Muncul Surat Minta Maaf Palsu Soal Ustazah Nani Salah Ayat

  • Oleh
    • Bayu Adi Wicaksono,
    • Nur Faishal (Surabaya)
Muncul Surat Minta Maaf Palsu Soal Ustazah Nani Salah Ayat
Photo :
  • Facebook
Foto tangkapan layar televisi tentang seorang penceramah wanita bernama Nani Handayani yang keliru fatal menuliskan ayat Alquran dan kemudian heboh di media sosial.

VIVA – Heboh, banyak bermunculan surat palsu dari Metro TV terkait kesalahan menulis ayat dalam kitab suci Alquran yang dilakukan Ustazah Nani Handayani saat tampil mengisi acara program Syiar Kemuliaan di televisi swasta itu.

Sebetulnya, Metro TV melalui akun @MetroTVToday memang mengunggah permohonan maaf atas kekeliruan itu dalam bentuk foto surat berlogo Metro TV, beberapa jam setelah kekeliruan Nani menuliskan ayat Alquran heboh di media sosial pada Selasa, 5 Desember 2017. Surat berjudul 'Penjelasan tentang Tayangan Syiar Kemuliaan oleh Ustazah Nani Handayani'.

Dalam surat resmi, Metro TV membubuhkan tiga poin penting, yakni permintaan maaf dari penulis surat; informasi bahwa Nani Handayani juga telah meminta maaf; dan penjelasan bahwa Nani Handayani berkompeten di bidangnya. "Kami memohon agar dibukakan pintu maaf atas kekeliruan yang terjadi," begitu bunyi dalam surat pada paragraf terakhir.

Rupanya, ada oknum yang iseng yang menggandakan foto surat itu lalu mengeditnya dengan menambahi pesan. Logo Metro TV tidak dihapus sehingga seolah-olah resmi dari televisi yang menayangkan program dakwah Nani Handayani tersebut. Sangat mirip. Cuma, yang beda ialah pada isi dari surat itu. 

Ada tiga poin pesan ditambahkan dalam surat palsu itu. Yakni soal alat tulis atau papan elektronik yang dipakai Nani mengklik ayat Alquran dan jadi sumber kenyinyiran di dunia maya. Di surat palsu itu disebutkan bahwa alat tulis tidak berfungsi sempurna dan Nani tidak terbiasa menggunakan papan elektronik tersebut.

"Itu surat (yang menjelaskan soal alat tulis sebagai penyebab kesalahan menulis ayat Alquran) bukan dari kami," kata PR and Publicity Manager Metro TV, Henny Puspitasari, melalui pesan tertulis diterima VIVA pada Selasa malam. Dia menegaskan alat tulis atau papan elektronik tidak bermasalah.

Heboh Nani Handayani saat ceramah di sebuah televisi terjadi sejak Selasa pagi di media sosial seperti Facebook. Dalam capture foto yang tersebar, dia menulis ayat Alquran 'innash solaata tanhaa 'anil fahsaa'i wal munkar' tertulis salah fatal. Banyak huruf dan harakat yang salah. Bahkan, pada kata 'fahsya' terdapat pengurangan dua huruf, yakni 'alif' dan 'hamzah'.

Nani sendiri mengakui kesalahannya begitu ramai jadi perbincangan di medsos. Dia mengunggah video permintaan maaf melalui akun twitter miliknya, @handayani_nani. "Mohon ampun kepada Allah dan mohon ampun kepada semua umat Islam, semoga ini tidak akan terulang lagi, dan saya akan banyak belajar lagi, dan berhati-hati dalam berdakwah," katanya.