Video: Sungai Bawah Tanah Menyembur dan Banjiri Desa

Fenomena munculnya air bawah tanah di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta saat bencana banjir.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter

VIVA – Sejak beberapa hari terakhir warga di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta digegerkan dengan kemunculan sejumlah mata air besar dan membuat banjir.

Jalan Baru Tawang-Ngalang di Gunungkidul Disiapkan untuk Jalur Alternatif Mudik 2024

Belum diketahui persis penyebab kemunculan ini. Namun diduga kuat air yang mencuat ke permukaan itu merupakan aliran sungai bawah tanah yang melimpah di daerah itu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Alam Sutopo Purwo Nugroho menuliskan jika kemunculan air ke permukaan di wilayah Gunung Kidul sebagai fenomena biasa.

Risiko Cemaran Tinggi, Rumah Tangga Indonesia Masih Banyak Pakai Sumur Gali Buat Air Minum

"Daerah pegunungan kapur (karts) sering ada sungai bawah tanah. Saat hujan deras, sungai bawah tanah meluap maka dapat menyembur ke permukaan," tulis Sutopo, Rabu, 6 Desember 2017, sembari menampilkan tayangan video kemunculan air bawah tanah.

Tanda Kiamat Mulai Muncul dari Bawah Tanah

Sebelumnya, sejumlah daerah di Yogyakarta memang mengalami bencana banjir dan tanah longsor. Salah satu penyebabnya adalah kemunculan Siklon Tropis Cempaka yang membuat curah hujan meningkat.

Termasuk juga Siklon Tropis Dahlia yang ikut memperparah kondisi, sehingga memicu angin kencang dan banjir semakin meluas. (ase)

Lokasi Kelok 18 di Gunungkidul (dok.istimewa)

Pembangunan Jalan Kelok 18 di Jalur Lingkar Selatan akan Berdampak ke Pariwisata Gunungkidul

Pembangunan Jalan Kelok 18 di JJLS Akan Berdampak Pada Pariwisata di Gunungkidul.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024