Jokowi Lantik Hadi Jadi Panglima TNI Besok?

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Kepala Satf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto sudah disetujui oleh Komisi I DPR sebagai Panglima TNI setelah menjalani fit and propert test pada Rabu kemarin, 6 Desember 2017.

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

Dijadwalkan, DPR akan bersidang paripurna pada Kamis siang ini, 7 Desember, salah satunya persetujuan Marsekal Hadi untuk menjadi Panglima TNI, seperti yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo.

Terhadap proses-proses itu, beredar kabar jika Hadi akan langsung dilantik pada Jumat besok, 8 Desember 2017. Disinggung apakah benar Jumat besok Hadi dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo, Presiden Jokowi masih belum bisa memastikan.

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

"Belum tahu. Karena, saya menunggu proses yang ada di DPR. Ya, selesai di sana pun harus ada surat resmi yang kami terima," ujar Jokowi, di Istana Bogor, Kamis 7 Desember 2017.

Lazimnya, dalam paripurna DPR, Komisi I akan memaparkan proses dan hasil fit and proper test ke sidang. Setelah disetujui, maka itu akan menjadi keputusan DPR, yang dilanjutkan penyuratan bahwa DPR menyetujui usulan Presiden dalam hal calon Panglima TNI.

Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

"Kita menunggu selesai proses semuanya di DPR," kata Jokowi.

Hadi Tjahjanto diajukan Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Panglima TNI, untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan pensiun pada 1 April 2018.

VIVA Militer: KSAU Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

Hal itu disampaikan KSAU Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono pada saat menggelar Entry Briefing bersama seluruh pejabat utama Mabesau dan Komandan Satuan TNI AU

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024